Apa saja manfaat sunblock bagi kesehatan kulit?


Sunblock merupakan sejenis tabir surya yang mengandung bahan anorganik, dimana zat tersebut mampu melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Cara kerja bahan tersebut yakni berfungsi sebagai dinding yang membatasi antara kulit dengan paparan sinar matahari sebagai upaya perlindungan terhadap kulit. Perlu kita ketahui bahwa sinar matahari akan memicu radiasi yang sangat membahayakan bagi kesehatan kulit manusia.

Untuk itu, penggunaan sunblock pada kulit ini akan memantulkan paparan radiasi sinar matahari sebelum mengenai permukaan kulit secara langsung. Sinar ultraviolet tidak akan meresap kedalam kulit karena sudah terblokir sebelum mengenai permukaan kulit. Salah satu manfaat sunblock bagi kulit yakni terhindar dari masalah penuaan dini yang disebabkan oleh paparan sinar UVA serta mencegah lapisan kulit menjadi terbakar akibat paparan sinar UVB. Manfaat sunblock apalagi yang dapat kalian temukan bagi kesehatan kulit kita?

Manfaatnya

  • Untuk Kulit Normal
    Kulit yang normal cenderung lebih leluasa memilih jenis penggunaan sunblock pada kulitnya. Hal ini karena kandungan ph kulit sudah mencapai ukuran normal. Namun dianjurkan untuk menggunakan sunblock dengan jenis lotion karena kandungan air didalamnya lebih tinggi dibandingkan kandungan minyak yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Minyak berlebih pada kulit akan menyumbat pori-pori yang berujung pada munculnya jerawat.

  • Untuk Kulit Kering
    Kulit yang kering dapat menggunakan sunblock dengan jenis krim karena, didalamnya terdapat kandungan minyak alami dan lanolin. Kedua kandungan yang terdapat didalam sunblock dengan jenis krim dapat membantu melembabkan kulit yang kering secara lebih optimal dibandingkan kinerja sunblock jenis lain. Jika kelembaban kulit telah terlindungi maka kulit akan semakin terjaga kelembutannya.

  • Untuk Kulit Berminyak dan Sensitif
    Kulit berminyak serta sensitif dapat mengaplikasikan sunblock dengan jenis spray pada kulit sebelum berada dibawah terik matahari langsung. Pemilihan jenis spray ini dikarenakan kulit berminyak dan sensitif akan sangat tergantung pada jenis sunblock yang digunakan. Kandungan air yang tinggi didalamnya dapat meminimalisir tingkat sensitif dari kulit itu sendiri dengan cara pencegahan iritasi secara langsung. Selain itu pemakaiannya tergolong paling praktis jika dibandingkan dengan pemakaian sunblock dari jenis lain.

Sumber : Manfaat Sunblock

1 Like