Apa saja manfaat solo travelling?

travelling

Sesekali menyendiri itu perlu. Sebab, terkadang menghabiskan waktu sendirian itu memang lebih baik dibanding menghabiskan waktu untuk mengikuti keinginan orang lain. Kalau kamu sepakat dengan kalimat di atas, itu artinya kamu cocok untuk melakukan solo travelling. Tak perlu sering-sering, setahun dua kali saja cukup kok untuk membuat hidupmu lebih berwarna. Bukan hanya ajak untuk menjadi lebih keren saja, tapi ada banyak manfaat dari kegiatan yang satu ini. Apa saja manfaat solo travelling?

1. Kamu akan lebih bebas melakukan apapun yang kamu mau
Ketika kamu memutuskan untuk solo traveler, kamu akan merasakan kebebasan dan kedamaian lebih dari yang pernah kamu rasakan sebelumnya. Tentu saja hal ini berbeda kalau kamu harus pergi dengan orang lain, yang artinya kamu juga harus kompromi menuruti keinginan mereka. Ketika sendirian, waktumu adalah milikmu, dan kamu bebas menggunakannya hanya untuk kegiatan yang kamu sukai. Tapi ingat, meski bebas kamu juga harus bertanggung jawab ya!

2. Kamu akan jadi lebih berani dan mandiri
Kalau mungkin sebelumnya kamu takut naik kendaraan umum sendiri, ketika kini kamu tak lagi punya partner untuk diajak pergi bersama, mau tak mau kamu pun akan berani melakukan hal yang kamu takutkan sebelumnya. Saat sendirian, kamu tak lagi bisa sembunyi dari ketakutanmu selama ini. Satu-satunya yang bisa kamu lakukan hanyalah menghadapinya. Ini juga akan jadi momen yang tepat untuk mengasah kemandirianmu. Entah itu melihat peta atau mempelajari rute perjalanan, kamu harus mampu mengandalkan dirimu sendiri.

3. Meski sendirian, kamu justru akan menambah banyak teman dan pengetahuan
Ini adalah bagian paling menarik dari travelling sendirian. Karena kamu tak fokus dengan kawan se-gengmu, kamu bisa bertemu kenalan baru dari berbagai tempat asal, beragam usia, dan juga profesi. Hanya satu hal yang akan menyatukan kalian, yaitu hobi travelling itu sendiri. Kamu bisa sharing pengalaman-pengalaman berpetualang selama ini, siapa tahu berguna saat kamu menjelajah destinasi berikutnya bukan? Karena kamu punya kenalan baru, otomatis pengetahuanmu juga akan ikut bertambah.

4. Kemampuan adaptasi dan negosiasimu akan makin meningkat pesat
Karena sendiri, kamu dituntut untuk mampu dengan cepat berinteraksi dengan penduduk setempat. Kalau hal ini berhasil kamu lalui, maka kemampuan sosialmu yang meliputi adaptasi dan negosiasi pun akan makin meningkat. Ketika kamu berinteraksi dengan penumpang kereta lain yang duduk di kursi sampingmu misalnya, atau saat kamu bertanya pada penduduk setempat jika kamu tersesat, atau juga ketika menawar harga dengan para pedagang di tempat wisata.

5. Terakhir, kamu akan jauh lebih mengenal dirimu sendiri
Kata orang, memang hanya diri sendirilah yang paling mengenal kita. Tapi, dengan melakukan solo travelling maka kamu akan jauh lebih mengakrabi dirimu sendiri. Mengetahui kapasitas diri, segala ketakutan, apa yang sebenarnya kamu mau, kamu suka atau yang membuat kamu nyaman. Dan yang paling penting, pada akhirnya kamu akan paham mengenai pengendalian diri.

Sumber: