Apa saja Manfaat Pisang?

mannfaat pisang

Pisang ternyata sangat baik untuk kita konsumsi setiap hari. Selain bikin perut kenyang, pisang juga bikin otak kita lebih encer. Apa manfaat pisang bagi kita?

  1. Mengatasi Sembelit
    Makanlah pisang yang sudah matang karena serat dalam pisang yang belum matang tidak mudah dicerna. Jadi, pilihlah pisang matang yang berwarna kuning dengan bercak cokelat. Pisang jenis ini mengandung serat yang mudah larut dalam tubuh, sehingga bisa mengatasi sembelit, diare, serta membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

  2. Membuat Otak Encer
    Penelitian yang dilakukan pada 200 murid Twickenham Prepatory School, Inggris, menunjukkan, para siswa merasa optimal mengerjakan soal ulangan, jika makan pisang saat sarapan, jam istirahat, dan makan siang. Ternyata, potasium juga memainkan peran dalam menjaga fungsi otak, terutama yang berkaitan dengan fungsi memori dan kegiatan belajar.

  3. Memberi Energi
    Pisang mengandung tiga jenis gula alami, yakni sukrosa, fruktosa, dan glukosa, yang bisa memberi energi bagi anak-anak untuk beraktivitas. Selain itu, pisang juga kaya kandungan potasium.
    Setiap 125 gram pisang (pisang berukuran sedang) mengandung sekitar 400 mg potasium, yang berarti memenuhi 10% kebutuhan potasium tubuh dalam sehari. Potasium dibutuhkan untuk anak-anak yang senang berolahraga. Zat ini bisa membantu otot berkontraksi dengan baik dan mengurangi masalah kram ketika berolahraga.

  4. Menstabilkan Emosi
    Pisang memiliki kandungan vitamin B6 paling tinggi, yakni 0,4 mg untuk pisang seberat 120 gram. Kandungan vitamin B6 ini sulit ditemukan di makanan lainnya. Padahal, vitamin B6 berperan mengubah asam amino triptofan menjadi serotonin, yang berfungsi menenangkan otak dan menstabilkan emosi. Selain itu, vitamin B6 akan membantu tubuh membentuk hemoglobin dan menjaga tingkat gula darah dalam tubuh.

sumber : http://bobo.grid.id/Sains/Flora-Dan-Fauna/Tahukah-Kamu-4-Manfaat-Pisang-Yang-Kita-Konsumsi