Apa Saja Manfaat Petroleum Jelly untuk kesehatan kulit bayi ?


Petroleum jelly atau petrolatum terbuat dari campuran minyak mineral dan lilin, yang membentuk zat semipadat seperti jeli. Apa Saja Manfaat Petroleum Jelly untuk kesehatan kulit bayi ?

Petroleum jelly tidak hanya digunakan untuk remaja atau orang dewasa, bayi pun bisa menggunakannya. Baik untuk menjaga kulitnya dan juga sebagai perawatan kulit khusus. Banyak orangtua memilih petroleum jelly karena pelembap tersebut tidak menggunakan pewarna atau pewangi.

Ada tiga manfaat penggunaan petroleum jelly untuk kulit bayi, yaitu:

1. Mencegah dan mengurangi eksim
Dilansir dari Science Daily, sebuah studi di Northwestern Medicine yang diterbitkan pada JAMA Pediatrics menemukan bahwa ada tujuh pelembap yang bisa mencegah bayi terkena eksim, salah satunya petroleum jelly.

Eksim dapat menyebabkan rasa gatal bahkan bisa terjadi infeksi bila dibiarkan. Apalagi bila bayi yang merasakannya, waktu tidurnya terganggu dan akan menangis terus merasakan gatalnya. Pemimpin dan penulis studi terkait, Dr Steve Xu, dokter di bidang dermatologi di Northwestern University Feinberg School of Medicine, menyatakan bahwa pelembap tersebut memainkan peran besar dalam membuat pasien eksim menjadi lebih baik.

Selain itu, studi dari Jepang, Amerika Serikat, dan Inggris juga menyarankan untuk menggunakan pelembap ini selama 6 sampai 8 bulan. Beberapa minggu awal risiko terjadinya eksim akan berkurang. Penggunaan petroleum jelly pada bayi dengan eksim, juga mengurangi dan mengganti obat minum atau obat suntik pada bayi. Selain mencegah eksim, petroleum yang bisa menjadi penghalang kulit juga bisa mengurangi risiko masalah kesehatan lainnya seperti alergi terhadap makanan tertentu.

2. Mencegah ruam popok
Ruam popok sering terjadi pada bayi, misalnya karena gesekan antara kulit dengan popok atau kontak antara kulit bayi yang sensitif dengan kotoran. Gejalanya yaitu ruam pada paha, pantat, dan bagian alat kelamin. Bayi yang terkena ruam popok biasanya sering menangis atau berkeringat ketika area ruam disentuh atau dicuci.

Ruam popok bisa terjadi pada bayi meskipun orangtua sudah memakai dan mengganti popoknya secara teratur. Oleh karena itu, tindakan pencegahan sebaiknya dilakukan, misalnya dengan mengoleskan area yang sensitif terhadap ruam dengan petroleum jelly.

3. Mengobati luka bayi
Dilansir dari Healthline, sebuah studi menunjukkan bahwa petroleum jelly efektif dalam menjaga kelembaban kulit selama penyembuhan pascaoperasi. Ini mungkin sangat baik untuk cedera kulit bayi biasa, biasanya ketika luka sudah mengering. Pastikan kulit bayi yang akan dioleskan dengan petroleum jelly benar dibersihkan. Jika tidak, bakteri dan patogen lainnya bisa terjebak di dalam sehingga menunda proses penyembuhan.

Sumber : hellosehat.com