Apa saja Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional?

Apa saja Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional?

Ekonomi makro atau makroekonomi adalah studi tentang ekonomi secara keseluruhan. Makroekonomi menjelaskan perubahan ekonomi yang mempengaruhi banyak masyakarakat, perusahaan, dan pasar.

2 Likes

Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional


Manfaat atau kegunaan perhitungan pendapatan nasional antara lain :

  1. Mengetahui dan menelaah struktur atau susunan perekonomian yakni mengetahui arah gerak perekonomian, berapa laju kecepatan geraknya, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai suatu sasaran.
  2. Membandingkan perekonomian dari waktu ke waktu. Oleh karena pendapatan nasional dicatat setiap tahun, maka dapat dibandingkan tingkat pendapatan nasional antar tahun. Perbandingan tersebut memberikan keterangan apakah ada pertambahan atau pengurangan kemakmuran materiil, dan dihubungkan dengan jumlah penduduk apakah ada kenaikan atau penurunan pendapatan per kapita.
  3. Membandingkan perekonomian antar daerah yakni perhitungan pendapatan nasional dapat digunakan untuk membandingkan perekonomian suatu daerah dengan daerah lain, apakah itu antar propinsi ataukah antar Negara. Perbandingan ini sering berguna untuk menilai sampai seberapa jauh kemajuan yang telah dicapai.
  4. Merumuskan kebijaksanaan pemerintah perhitungan pendapatan nasional berguna untuk membantu dalam merumuskan kebijaksanaan pemerintah. Data pertumbuhan pendapatan per kapita berguna bagi pemerintah dalam merumuskan kebijakan peningkatan pendapatan dan pengentasan kemiskinan, kebijakan kependudukan dan pengembangan investasi.

Cara-cara Penghitungan Pendapatan Nasional


Salah satu ukuran aktivitas ekonomi makro suatu negara adalah gross national product (GNP) atau produk nasional bruto (PNB). GNP diartikan sebagai nilai pasar (market value) seluruh barang-barang jadi (final goods) dan jasa-jasa yang diproduksikan perekonomian suatu negara dalam satu tahun tertentu. Oleh karena GNP Indonesia diukur dalam nilai rupiah dari barang-barang dan jasa-jasa per tahun, maka GNP merupakan variable flow.

Barang-barang yang diproduksi dapat dibagi menjadi dua kelompok yakni barang-barang ekonomi (consumer goods) dan barang-barang produksi (producer goods). consumer goods mencakup semua produk yang biasa dibeli oleh rumah tangga seperti susu, sepatu, baju, beras. Sedangkan producer goods, yang umumnya disebut sebagai barang-barang modal (capital goods), mencakup semua barang yang biasa dibeli perusahaan seperti mesin-mesin, bangunan-bangunan, dan pabrik-pabrik.

Sebagian dari output total digunakan untuk pengganti modal. GNP dikurangi nilai konsumsi modal (Kc) sama dengan produk nasional bersih (Net National Product/NNP) sehingga secara matematik ditulis :

NNP = GNP – Kc = Y

Ket :
NNP = produk nasional bersih
GNP = produk nasional kotor
Y = Pendapatan Nasional

Manfaat perhitungan pendapatan nasional

  1. Menilai perkembangan ekonomi suatu negara dari waktu ke waktu
    Dari sini kita dapat membandingkan peranan suatu pemimpin atau penggerak ekonomi bangsa, juga untuk mengetahui kelemahan atau kesalahan yang pernah terjadi dari segi ekonomi untuk dikoreksi di masa selanjutnya.

  2. Menilai prestasi ekonomi suatu negara
    Pendapatan nasional menjadi tolok ukur kesuksesan dan kemakmuran suatu bangsa. Yang menjadi penghargaan ketika pendapatan nasional suatu negara itu tinggi.

  3. Membandingkan perekonomian dengan negara lain
    Di samping mencari celah untuk meningkatkan perekonomian negara sendiri, membandingkan perekonomian dengan negara lain juga merupakan kebanggaan tersendiri ketika perekonomian di negara sendiri mempunyai peringkat yang lebih tinggi.

  4. Menerangkan struktur perekonomian negara
    Jenis-jenis pendapatan nasional dapat menjadi tolok ukur untuk mengetahui dimana kelemahan perekonomian yang perlu dievaluasi. Hal ini juga menyatakan presentase pendapatan nasional berdasarkan jenis pendapatan (income) maupun produksi.

  5. Mengetahui pertumbuhan ekonomi dan pendapatan per kapita
    Pentingnya melakukan evaluasi terhadap perekonomian negara agar perekonomian mengalami peningkatan setiap tahunnya.

  6. Dapat membantu merumuskan kebijakan pemerintah
    Pentingnya elemen-elemen yang melakukan pergerakan dari bawah, untuk menyadarkan pemerintah seberapa pentingnya perekonomian suatu negara. Masyarakat dapat beropini memberikan masukan untuk meningkatkan kualitas perekonomian.

Referensi

Rapanna, Patta dan Sukarno Zulfikry. 2017. Ekonomi Pembangunan. Makassar : CV. SAH MEDIA.