Apa saja manfaat obat kumur selain untuk mengatasi sariawan?

obat-kumur-sebagai-antiseptik-dalam-menjaga-kesehatan-mulut-alodokter

Obat kumur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mulut. selain untuk mengatasi sariawann, apa sajakah manfaat tersebut?

Selain terbukti efektif dapat mengobati sariawan sebagaimana dibuktikan oleh berbagai penelitian, ternyata obat kumur juga berguna untuk mencegah beberapa penyakit lain. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2005 berhasil mengonfirmasi hal ini. Disebutkan bahwa berkumur tiga kali sehari dengan air atau dengan obat kumur Povidone-Iodine (PVP-I) efektif mencegah infeksi saluran pernapasan atau ISPA. Selain itu, rutin berkumur dengan obat kumur Povidone-Iodine (PVP-I) juga bisa mengurangi keparahan gejala jika sudah terserang ISPA.

Di lain sisi, meski secara ilmiah belum terbukti mampu mencegah penyakit flu, namun setidaknya bisa meredakan gejala flu dan sakit tenggorokan. Peran obat kumur sebagai cairan antiseptik juga bisa mencegah bakteri dari mulut menginvasi organ bagian dalam tubuh, seperti tenggorokan, perut, dan paru-paru.

Mengingat manfaat obat kumur Povidone-Iodine (PVP-I) bukan sekadar untuk mengobati sariawan, namun juga efektif dalam mencegah ISPA dan meringankan gejala flu dan sakit tenggorokan, maka sudah semestinya perawatan rongga mulut dengan produk obat kumur dibiasakan dari sekarang.

Terlepas dari itu, jangan lupa bahwa menyikat gigi dan perawatan benang gigi masih menjadi langkah terbaik dalam menjaga kesehatan mulut. Sebagai pelengkap, gunakan obat kumur. Makin cepat terbiasa dengan penggunaan obat kumur, maka kesehatan mulut dan kesehatan tubuh lebih mudah dijaga secara keseluruhan. Tunggu apa lagi? Segera bersihkan mulut Anda dengan obat kumur.