Apa saja manfaat Oatmeal bagi kesehatan?


Oatmeal mengandung banyak nutrisi penting, oleh karena itu manfaat oatmeal untuk kesehatan tubuh pun tidak perlu disangsikan lagi. Apa sajakah manfaat yang dapat diserap tubuh dari oatmeal?

Manfaat Oatmeal

Tidak sedikit orang yang terbiasa untuk mengonsumsi oat meal setiap pagi untuk sarapan. Selain itu, oatmeal dipercaya menjadi salah satu menu sarapan yang sangat baik saat diet. Namun, apakah Anda tahu manfaat sebenarnya dari oat meal? Berikut ini, 6 manfaat dari oatmeal yang sangat baik bagi tubuh, yaitu:

  1. Mencegah Obesitas
    Manfaat pertama yang akan dirasakan dengan mengonsumsi oatmeal, yaitu meminimalisir kemungkinan obesitas. Oat meal menjadi salah satu menu makanan yang kaya akan serat sehingga akan membuat perut kenyang untuk jangka waktu yang lama. Bahkan, Anda juga akan terhindar dari keinginan untuk mengonsumsi camilan manis atau asin setiap hari. Biasanya, Anda akan mengonsumsi camilan manis sebelum jam makan siang atau sebelum jam makan malam. Camilan manis ini akan membuat Anda terkena obesitas jika dikonsumsi berlebihan.

  2. Menurunkan Kolesterol
    Manfaat kedua yang akan dirasakan dengan mengonsumsi oatmeal, yaitu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Oatmeal dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol dan menjadi sumber makanan yang kaya akan serat larut. Serat larut ini akan menghambat proses penyerapan kolesterol LDL, kolesterol buruk. Jika memiliki kadar kolesterol yang tinggi, rutinlah mengkonsumsi oatmeal di pagi hari untuk menurunkan kadar kolesterol tersebut.

  3. Mencegah Perkembangan Penyakit Kanker Payudara
    Manfaat ketiga yang akan dirasakan dengan mengonsumsi oatmeal, yaitu mencegah pertumbuhan dan perkembangan kanker. Dengan mengonsumsi serat dalam jumlah tinggi akan menurunkan resiko seseorang terkena kanker payudara. Serat yang baik guna meminimalisir risiko ini berasal dari serat gandum. Sebelum Anda terkena kanker payudara, konsumsilah oatmeal secara rutin.

  4. Mencegah penyakit Diabetes
    Manfaat keempat yang akan dirasakan dengan mengonsumsi oatmeal, yaitu mencegah resiko terkena penyakit diabetes. Untuk meminimalisir risiko penyakit diabetes bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi oatmeal. Kandungan magnesium yang ada dalam oat meal akan mengatur hormon insulin dan kadar glukosa dalam tubuh. Ketika kedua hal ini bisa dikendalikan dengan seimbang, seseorang akan terhindar dari diabetes. Jangan menambahkan gula buatan ketika Anda mengonsumsi oatmeal.

  5. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi
    Manfaat kelima yang akan dirasakan dengan mengonsumsi oatmeal, yaitu menurunkan tekanan darah yang tinggi. Tidak hanya mampu menurunkan berat badan dan meminimalisir perkembangan sel kanker pada payudara, serat yang ada di dalam oatmeal juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

  6. Menurunkan Berat Badan
    Manfaat keenam yang akan dirasakan dengan mengkonsumsi oatmeal, yaitu menurunkan berat badan seseorang. Oatmeal menjadi salah satu makanan dengan serat yang tinggi, tapi rendah kalori. Oatmeal sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalankan progran diet. Cobalah untuk mengonsumsi oatmeal, dan tambahkan dengan potongan buah, Anda akan merasa kenyang setiap hari dan tidak akan tergoda untuk mengonsumsi makanan lain.

Sumber : Oatmeal