Apa saja manfaat memelihara kelinci di rumah?

Apa saja manfaat memelihara kelinci di rumah ?

kelinci dengan penampilannya yang unik, lucu, dan memliki warna serta corak yang beragam disukai banyak orang, terlebih lagi anak-anak. Apa saja manfaat memelihara kelinci di rumah ?

3 Likes

Manfaat memelihara kelinci di rumah

Beragam alasan orang memelihara kelinci sebgai hewan binatang kesayangan di rumah. Dengan memelihara kelinci, suasana rumah menjadi lebih hangat. Penghuni rumah tidak lagi merasa sendirian karena memiliki hiburan yang menyenangkan. Kehadiran kelinci juga dapat membantu pendidikan anak-anak di rumah. Adanya kelinci juga dapat merangsang anak-anak untuk observasi, lebih toleransi, menjaga emosi, dan melatih bertanggung jawab untuk mengurus semua keperluan binatang peliharaannya.

Binatang pengerat ini disukai karena sifatnya “pendiam” atau tidak menganggu sehingga aman dari keluhan tetangga. Kelinci bisa menjadi binatang kesayangan alternatif jika tidak menyukai anjing ddan kelinci. Satu hal lagi, arnab- sebutan kelinci di Malaysia ini bebas dari toksoplasma sehingga aman bagi kaum wanita dan pasangan suami istri.

Kelinci juga memiliki daya adaptasi yang tinggi, mempunyai sifat liar, egois, dan manja. Sifatnya tidak bisa diduga, kadang cuek dan jinak. Sifatnya yang unik inilah membuat orang semakin menyukainya.

Referensi

Putra, G M dan Budiana, NS. 2006. Kelinci Hias. Bogor : Penebar Swadaya.

  1. Kelinci Jinak dan Mudah Hidup Bersama
    Ketika kelinci dirawat dengan baik dan diintegrasikan ke dalam keluarga, mereka bisa menjadi hewan yang sangat ramah. Dengan membiasakan mereka sejak mereka masih muda untuk berhubungan dengan manusia dan hewan lain, kelinci berperilaku baik dan secara alami menikmati kebersamaan. Dengan cara ini, mereka benar-benar dapat menjadi anggota keluarga. Kelinci jinak dalam temperamen dan bisa menjadi sahabat yang setia. Mereka sangat baik dengan anak-anak yang menghabiskan banyak waktu di rumah dan mereka dapat membentuk ikatan emosional yang kuat dengan mereka. Kelinci juga memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda baik di dalam maupun luar ruangan. Kelinci cenderung memiliki kebutuhan yang kontras. Kadang-kadang mereka ingin menghabiskan waktu sendiri dan lain kali mereka ingin bersosialisasi dengan orang-orang dan ingin interaksi.

  2. Kelinci Memiliki Banyak Ras dan Kepribadian
    Salah satu keuntungan memiliki kelinci sebagai hewan peliharaan adalah beragam ras dan gaya yang tersedia dalam hal hewan peliharaan. Meskipun sebagian besar dari kita adalah au fait dengan berbagai jenis anjing dan kucing, tidak banyak dari kita yang menyadari keragaman ras kelinci. Walaupun setiap kelinci adalah individu, banyak dari ras ini memiliki ciri dan karakteristik tertentu dalam hal penampilan dan temperamen.

    Jika Anda memiliki kesempatan untuk mengadopsi kelinci, pertama-tama Anda harus melihat karakteristik masing-masing ras dan melihat mana yang paling cocok untuk Anda dan gaya hidup Anda. Pertimbangan praktis dalam hal lingkungan yang dapat Anda berikan, terutama jika Anda menemukan jenis kelinci yang lebih besar.

  3. Hewan Peliharaan yang Patuh dan Menjaga Kebersihan
    Kelinci dapat dilatih dan bahkan akan dapat memahami perintah tertentu. Kepatuhan yang mereka pelajari tidak harus semaju apa yang bisa diajarkan pada anjing. Trik yang bisa Anda ajarkan adalah hal dasar, tetapi itu menyenangkan dan benar-benar dapat membantu memberikan rangsangan positif bagi kelinci.

    Kelinci adalah hewan yang bersih. Mereka suka merapikan diri sepanjang hari dan dengan senang hati akan melakukannya dengan pasangan hutch mereka. Meskipun mereka kadang-kadang tampak tidak terkoordinasi, mereka sebenarnya sangat disiplin. Jarang kelinci mengalami depresi tanpa alasan yang jelas. Namun, jika sahabat manusia mereka mengabaikan mereka dan tidak membersihkan kandang mereka, mereka akan terkena dampak negatif dan menjadi stres.

Referensi

Turner, J F. 2018. Advantages and Disadvantages of Having a Rabbit. https://www.animalwised.com/advantages-and-disadvantages-of-having-a-rabbit-2795.html. Diakses pada 22 Mei 2020.