Apa saja manfaat memelihara ikan Corydoras ?

Ikan Corydoras

Ikan Corydoras mempunyai bentuk tubuh pendek dan gemuk, punggung lebih melengkung dibandingkan dengan perut, kedua sisi ikan dilengkapi dengan lempengan seperti tulang yang tersusun dalam dua baris, mempunyai dua pasang kumis yang terletak di rahang atas dan rahang bawah serta ukuran tubuh dapat mencapai 12 cm.

Apa saja manfaat memelihara ikan Corydoras ?

Berikut manfaat memelihara ikan corydoras.

  1. Penghias dan pembersih akuarium
    Ikan corydoras dipelihara tidak hanya karena bentuknya yang cantik namun juga karakternya yang senang berenang di dasar aquarium dan memakan makanan-makanan yang berada di bagian bawah atau dasar aquarium sehingga aquarium terlihat lebih bersih dan terhindar dari penumpukan sisa makanan. Mirip dengan ikan sapu-sapu yang juga senang melakukan hal yang sama. Manfaat ikan corydoras ini menjadikannya sering menjadi pilihan bersama ikan hias jenis lainnya untuk dimasukkan ke aquarium sehingga dapat membantu membersihkan sisa makanan ikan lain yang jatuh ke dasar aquarium. Meskipun demikian sebagai pemilik anda tetap harus rutin membersihkan dan mengganti air aquarium untuk menjaga kebersihan dan kualitas air.

  2. Bahan campuran kosmetik
    Di beberapa negara maju ikan corydoras digunakan sebagai bahan campuran kosmetik. Berbagai kandungan dalam ikan ini diketahui memiliki manfaat terhadap kecantikan sehingga ia turut digunakan dalam pembuatan kosmetik. Hal ini tentu saja membuka peluang usaha untuk budidaya ikan corydoras. Dengan kebutuhan dan permintaan pasar yang cukup tinggi apalagi pasar luar negeri budidaya ikan corydoras merupakan usaha yang sangat menjanjikan.