Apa saja manfaat membaca buku?

Membaca

Menurut “Most Littered Nation In the World” pada Maret 2016, minat baca masyarakat Indonesia dinyatakan menduduki urutan 60 dari 61 negara. Ini adalah kondisi yang cukup memprihatinkan. Padahal membaca adalah kegiatan yang memberikan banyak manfaat. Banyak orang yang sukses dan cerdas karena mereka senang membaca. Apa manfaat yang akan kita dapat ketika kita terbiasa dengan budaya membaca?

1 Like

Menambah Wawasan dan Ilmu Pengetahuan
Banyak membaca akan membukakan pikiran dan menambah pengetahuan kita. Kita akan mengetahui banyak hal dan membuat rasa percaya diri meningkat untuk menghadapi perkembangan zaman.

Mengasah Kecerdasan
Ketika kita membaca, otak akan bekerja aktif. Ini dapat mengasah fungsi otak kita, menjadi lebih cepat tanggap, kritis, dan meningkatkan kecerdasan.

Menambah Kosakata
Dalam berbagai bacaan akan ada selalu kata atau penggunaan kalimat yang baru kita ketahui. Ini akan menambah perbendaharaan kata kita. Membaca juga akan membuat kita dapat berkomunikasi dengan baik. Ini karena seringnya kita membaca kalimat yang rapi dan teratur sesuai dengan aturan bahasa yang ada.

Meningkatkan Konsentrasi
Kegiatan membaca membuat kita menjadi fokus. Ini karena pada saat membaca, kita tidak bisa berpikir tentang hal lain di waktu yang sama. Semakin sering kita membaca, konsentrasi kita dapat menjadi lebih terarah. Begitu juga ketika sedang belajar di dalam kelas, kita akan menjadi lebih fokus.

Meningkatkan Daya Ingat
Membaca adalah semacam cara untuk melatih ingatan kita. Dengan membaca, banyak bagian yang ada di dalam tulisan yang akan kita ingat dengan sendirinya. Mulai dari judul, jalan cerita, plot, alur, kesimpulan, dan banyak hal lainnya.

Membaca merupakan kegiatan yang penting dalam kehidupan seharihari, karena membaca tidak hanya untuk memperoleh informasi, tetapi juga berfungsi sebagai alat untuk memperluas pengetahuan tentang banyak hal mengenai kehidupan. Membaca akan meningkatkan kemampuan memahami kata dan meningkatkan kemampuan berpikir, meningkatkan kreatifitas dan juga berkenalan dengan gagasan-gagasan baru.

Gray & Roger (1995) mengatakan bahwa manfaat membaca adalah sebagai berikut :

  • Dapat meningkatkan ilmu pengetahuan, daya nalar dan berpandangan luas yang akan bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain

  • Dapat melatih imajinasi dan daya pikir sehingga terpenuhi kepuasan intelektual,

  • Memperoleh pengetahuan praktis yang berguna dalam kehidupan mereka sehari-hari untuk memenuhi kepentingan hidup,

  • Dapat meningkatkan minat seseorang terhadap suatu bidang dan mengetahui hal-hal yang aktual mengetahui peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar maupun di seluruh dunia yang mungkin berhubungan dengan latarbelakang disiplin pendidikannya, sehingga dapat menerapkan di kehidupan nyata

  • Meningkatkan pengembangan diri manusia . Dengan membaca, dapat meningkatkan daya nalarnya dan berpandangan luas yang akan bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain.

Fajar Rachmawati (2008) menyebutkan manfaat membaca adalah sebagai berikut :

  • Meningkatkan kadar intelektual.
  • Memperoleh berbagai pengetahuan hidup.
  • Memiliki cara pandang dan pola pikir yang luas.
  • Memperkaya perbendaharaan kata.
  • Mengetahui berbagai peristiwa yang terjadi di berbagai belahan dunia.
  • Meningkatkan keimanan.
  • Mendapatkan hiburan.

Ngalim Purwanto (1997) mengungkapkan bahwa ada manfaat dari nilai membaca yaitu sebagai berikut :

  • Di sekolah, membaca itu mengambil tempat sebagai pembantu bagi seluruh mata pelajaran.

  • Mempunyai nilai praktis. Bagi perorangan, membaca itu merupakan alat untuk penambah pengetahuan.

  • Sebagai penghibur. Untuk mengisi waktu terluang ( seperti membaca syair–syair, sajak – sajak, roman, majalah dan sebagainya).

  • Memperbaiki akhlak dan bernilai kegamaan. Jika yang dibaca adalah buku – buku yang bernilai etika ataupun keagamaan.

  • Bernilai fungsional artinya berguna bagi pembentukan fungsi–fungsi kejiwaan. Misalnya membentuk daya ingatan, daya fantasi, daya pikir (akal), berbagai jenis perasaan dan sebagainya.

1. Stimulasi Mental Kognitif Dan Berolahraga Otak

Membaca sangat menyenangkan bagi banyak orang, tetapi membaca juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental Anda dalam bentuk pemikiran dan pemahaman. Dengan berkonsentrasi pada kata-kata dan jalan cerita, itu merangsang otak dan fungsi kognitif Anda. Stimulasi khusus ini dapat membantu mempertajam pikiran Anda, terutama bagian otak yang bertanggung jawab untuk konsentrasi dan analisis kritis. Ini mempertajam bagian otak ini seperti halnya Anda akan mengasah pisau. Penajaman pikiran ini pada akhirnya akan meningkatkan fokus Anda ketika berkonsentrasi pada sesuatu yang penting.

Bagaimana cara membaca mempertajam pikiran Anda? Ini mempertajam pikiran Anda melalui stimulasi dan peningkatan fungsi otak. Dengan membuat Anda fokus secara intens pada kata-kata, otak Anda menyerap banyak informasi, yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan menganalisis Anda serta kemampuan membaca Anda. Stimulasi ini sehat untuk pikiran Anda dan mempertajam proses berpikir Anda. Bukankah menakjubkan bagaimana buku bisa melakukan itu? Tentu saja, beberapa orang paling sukses di dunia membaca setiap hari dan mereka memahami bahwa pengetahuan adalah kuncinya. Jadi mungkin sudah waktunya untuk memperhatikan saran mereka jika Anda ingin lebih dekat dengan impian Anda.

Membaca tidak hanya membantu pemikiran kritis Anda, tetapi juga meningkatkan kekuatan dan fungsi otak Anda. Pertimbangkan apa yang terjadi ketika Anda melatih otot setiap hari. Otot itu tumbuh dan menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Membaca bekerja dengan cara yang sama untuk pikiran Anda. Stimulasi konstan otak yang disediakan buku mirip dengan latihan yang diperlukan untuk melatih otot; itu memperkuat bagian-bagian terpisah dari otak yang mengendalikan kemampuan berpikir dan menganalisis Anda. Bekerja dengan otak Anda juga dapat membantu mencegah penyakit alzheimer.

2. Ekspansi Kosakata Dan Pengetahuan

Saat membaca, Anda mungkin menemukan beberapa kata yang tidak terlalu Anda mengerti atau bahkan kenali. Kebingungan ini dapat membuat Anda mencari kata dan menemukan definisi. Kamus, baik dalam bentuk fisik atau bentuk ebook, dapat bermanfaat bagi pemahaman Anda tentang kata-kata baru yang mungkin tidak Anda kenal. Karena Anda tidak tahu kata itu, untuk memulai, tindakan mencari definisi membantu otak Anda mempertahankan kata baru dan menarik itu, yaitu ekspansi kosa kata. Pertimbangkan seberapa jauh kosakata Anda telah muncul sejak Anda pertama kali belajar membaca. Anda sekarang tahu banyak kata-kata baru yang terdengar lebih cerdas daripada ketika Anda pertama kali memulai kebiasaan itu.

Apa manfaatnya bagi Anda? Nah, setelah beberapa hari membaca dan mencari kata-kata baru yang tidak Anda mengerti, ukuran kosakata Anda akan mulai meluas satu kata pada satu waktu dan keterampilan bahasa meningkat. Kata-kata dan frasa, jika Anda membaca setiap hari, isi otak Anda dengan kosakata baru yang mungkin tidak akan pernah Anda pelajari tanpa membaca. Ini dibuktikan dalam penelitian ini oleh University Of Oregon.

3. Tingkat Stres Yang Lebih Rendah Dan Menghilangkan Ketegangan

Kedengarannya hampir terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, tetapi bagaimana cara membaca menurunkan tingkat stres? Nah, otak Anda segera mengangkut dirinya ke dunia yang berbeda dengan orang yang berbeda. Perubahan kecepatan ini bisa menjadi angin segar bagi seseorang yang stres atau menderita stres yang berkepanjangan. Dengan melakukan ini, Anda dapat membiarkan diri Anda mengambil napas, rileks, dan tersapu ke dunia lain melalui kata-kata yang tertulis di halaman sambil menurunkan tekanan darah Anda.

Stres dapat memengaruhi banyak bagian dari kehidupan sehari-hari Anda, dan setelah periode yang panjang dari stres yang intens, bahkan dapat membahayakan kesehatan Anda secara keseluruhan. Baik novel, maupun literatur lainnya dapat membantu memecahkan masalah yang disebabkan oleh stres dengan membiarkan pikiran dan tubuh Anda rileks. Begitu Anda mulai membaca, Anda akan mulai fokus, bukan pada stres Anda, tetapi pada kata-kata dan alur cerita. Pada waktunya, membaca akan menghilangkan stres, membuat Anda merasa lebih baik secara mental dan fisik.

4. Membantu Dengan Depresi Dan Dysthymia

Membaca, terutama buku-buku self-help, dapat membantu menangkal kejadian depresi dan gangguan mood. Sama seperti menurunkan tingkat stres Anda, itu merangsang bagian otak yang berhubungan dengan depresi juga. Buku-buku swadaya, penuh dengan informasi tentang cara memperbaiki diri dan keadaan pikiran Anda, dapat membantu mengurangi depresi. Membaca buku bisa sangat bermanfaat bagi seseorang yang mungkin menderita kecenderungan depresi tetapi tidak cukup membutuhkan obat.

5. Peningkatan Memori Dan Fokus Yang Lebih Baik

Pemahaman sederhana meningkatkan fungsi memori Anda. Ingat tes di sekolah dasar tempat Anda diuji untuk melihat seberapa banyak Anda bertahan saat membaca cerita pendek itu. Nah, pemahaman sebagai orang dewasa bekerja dengan cara yang sama. Saat membaca, otak Anda secara konstan menyimpan informasi tentang cerita tersebut. Karena bagian otak yang mengendalikan ingatan dirangsang, ia bertindak seperti olahraga untuk bagian otak ini, menghasilkan ingatan yang lebih baik.

Bagaimana fokus Anda meningkat? Fokus Anda diperkuat karena membutuhkan fokus untuk membaca. Saat duduk membaca buku atau artikel, Anda tidak akan mengerti apa yang Anda baca kecuali Anda fokus. Pertimbangkan bagaimana rasanya ketika mengerjakan soal matematika. Untuk memperbaikinya, Anda harus fokus pada masalah itu. Hal yang sama berlaku untuk membaca. Sekali lagi, seperti fungsi memori di otak Anda, fokus Anda dilakukan, yang membantu meningkatkan fokus Anda secara keseluruhan.

6. Perkuat Kemampuan Menulis Anda

Bagian terbaik tentang membaca tentang bagaimana meningkatkan tulisan Anda adalah ada berbagai buku yang ditulis tentang kerajinan menulis dengan informasi tentang semua bentuk penulisan. Anda dapat menemukan buku-buku swadaya ini di toko buku mana pun, baik online maupun di toko. Jika Anda seorang penulis yang serius, Anda dapat membaca novel atau buku-buku menakjubkan tentang penulisan ini. Segala bentuk bacaan dapat sangat meningkatkan tulisan Anda.

7. Meningkatkan Imajinasi Dan Empati Anda

Meskipun peningkatan imajinasi Anda bukan salah satu manfaat yang lebih umum, membaca secara signifikan dapat meningkatkan imajinasi Anda. Pertimbangkan dunia tempat Anda tenggelam dan tokoh-tokoh yang Anda temui saat membaca novel misteri. Karena dunia dan karakter ini, bagian otak Anda yang menampung imajinasi Anda dirangsang, menyebabkan Anda membayangkan seperti apa tempat dan orang-orang hanya dengan membayangkan kata-kata.

Ketika Anda mulai membaca buku, Anda biasanya tidak memiliki gambar di kepala Anda tepat di awal. Pada saat Anda menyelesaikan buku, Anda dapat dengan mudah membayangkan seluruh dunia dan karakter yang mengisi buku. Membaca buku adalah semua karena stimulasi otak yang disebabkan oleh membaca. Pembaca berat akan tahu perasaan kehilangan diri mereka di dunia novel. Itu adalah perasaan yang luar biasa.

8. Tingkatkan Tidur Anda

Membaca sebelum tidur menenangkan tubuh dan pikiran Anda, terutama setelah hari yang panjang dan menegangkan. Bahkan jika itu hanya jumlah pendek — satu atau dua bab — kedamaian yang disebabkan oleh membaca dapat membantu Anda tidur nyenyak. Relaksasi yang dapat dibawa buku hanyalah salah satu manfaat membaca yang indah setiap malam sebelum tidur.

9. Nikmati Hiburan Dan Kedamaian Anda

Mungkin manfaat membaca yang paling terkenal adalah nilai hiburan dari membuka buku dengan halaman putih yang bersih. Tentu saja, hiburan biasanya menarik pembaca yang gemar mengambil buku hebat berikutnya. Bahkan, itu telah menjadi bentuk hiburan yang solid selama bertahun-tahun. Meskipun membaca sangat cocok untuk hiburan, ada lebih dari itu hanya dari faktor hiburan.

Setiap pembaca tahu bahwa membaca buku bisa damai dan memicu pikiran yang santai. Dengan membenamkan diri ke dalam buku yang bagus, Anda hampir dapat merasakan stres atau kekhawatiran hilang. Anda berdua terhibur dan santai hanya dengan membaca, yang merupakan salah satu dari banyak hal hebat tentang buku.

10. Membaca Dapat Mencerahkan Hari Anda

Buku bisa mendatangkan kegembiraan dalam hidup Anda setiap hari. Tindakan membaca adalah manfaat besar bagi kesehatan mental dan fisik, tetapi juga dapat mencerahkan hari Anda. Kadang-kadang, hari-hari bisa menjadi stres dan mengkhawatirkan, tetapi ketika Anda berbaring di malam hari dan meringkuk dengan buku yang bagus, itu mengangkat semangat Anda bersama dengan stres dan kekhawatiran itu. Atau mungkin memulai hari Anda atau perjalanan pagi Anda dengan buku yang Anda sukai.

11. Membantu Anda Untuk Memperluas Pikiran Anda

Buku memungkinkan Anda melihat sesuatu dari perspektif yang sama sekali berbeda. Membaca tentang budaya tertentu, misalnya, dapat membantu Anda memahami bagaimana budaya itu berbeda dari budaya Anda sendiri. Anda mungkin tidak setuju dengan perspektif budaya itu, tetapi setidaknya Anda akan melihat sesuatu dari sudut pandang baru.

Buku memberi Anda ide-ide baru. Anda terus belajar saat membaca, dan Anda dapat mulai melihat dunia dari perspektif yang lebih seimbang. Dengan tidak adanya sudut pandang lain, kita cenderung memiliki tipe pemikiran satu dimensi yang didasarkan pada cara kita dibesarkan.