Apa saja manfaat melahirkan normal?

Saat ini banyak ibu-ibu yang lebih memilih melahirkan secara operasi dibandingkan dengan melahirkan normal. Apa saja manfaat melahirkan normal?

Manfaat yang ibu dan bayi dapatkan ketika telah melalui persalinan normal:.

  1. Kebugaran ibu lebih cepat pulih
    Meski sudah melalui perjuangan yang berat dengan persalinan normal, ternyata proses pemulihan pasca persalinan jauh lebih cepat dibanding dengan operasi caesar. Minimal 6 jam hingga sehari setelah melahirkan, ibu sudah bisa berjalan sendiri dan sudah bisa bebas bergerak.

  2. Kondisi rahim ibu lebih cepat pulih
    Melahirkan dengan jalan normal akan mempercepat pemulihan kondisi rahim ke bentuk posisi semula.

  3. Kondisi mental ibu lebih cepat pulih
    Penyembuhan pasca persalinan lebih cepat sehingga otomatis akan mempercepat pemulihan kondisi mental ibu. Bahkan, rasa puas dan perasan sempurna telah menjadi ibu dapat dirasakan ketika Anda telah melahirkan bayi secara normal.

  4. Produksi kolostrum dan ASI baik
    Ibu yang melahirkan secara normal biasanya akan memproduksi kolostrum dan ASI lebih baik dibanding dengan ibu yang melahirkan secara caesar.

  5. Risiko perdarahan ibu lebih rendah
    Risiko perdarahan dan risiko infeksi jahitan jauh lebih kecil dibanding dengan operasi caesar karena robekan yang terjadi tidak sebanyak sayatan yang terjadi pada operasi caesar.

  6. Ibu lebih cepat mengurus bayi
    Ibu yang melahirkan secara normal akan lebih cepat bisa mengurus bayinya sendiri, seperti menggendong, memandikan, menggantikan popok, dll karena ibu sudah bisa beraktivitas seperti biasa. Dengan begitu, Anda dapat menjalin bonding yang kuat dengan bayi Anda.

  7. Ibu memiliki ikatan batin yang lebih kuat dengan bayi
    Ibu dan bayi sama-sama telah berjuang selama proses persalinan. Karena itu, ibu dan bayi memiliki ikatan batin yang kuat.

  8. Ibu lebih mudah melakukan IMD
    Bayi yang dilahirkan secara normal lebih mudah melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) karena adanya ikatan batin yang kuat dengan ibu.

  9. Bayi lebih sehat
    Bayi yang dilahirkan secara normal akan memiliki paru-paru yang lebih kuat karena saat lahir melewati vagina, terjadi proses pengangkutan oksigen ke beberapa jaringan tubuh bayi.

  10. Menghemat biaya
    Biaya persalinan normal jauh lebuh murah dibanding dengan jalan operasi caesar. Hal ini tentu cukup menghemat pengeluaran keluarga.

Sumber:

Manfaat atau Keuntungan melahirkan secara normal


Berikut ini beberapa manfaat melahirkan normal menurut Christiane Northrup (2005), keuntungan melahirkan normal yaitu :

1. Pemulihan Lebih Cepat

Saat akan melahirkan, perjuangan calon ibu yang akan melahirkan normal mungkin saja lebih berat dibandingkan mereka yang melahirkan melalui jalan operasi. Namun, saat proses persalinan selesai, ibu yang melahirkan normal akan menjalani proses pemulihan yang jauh lebih cepat. Enam jam setelah melahirkan, ibu sudah mampu berjalan sendiri ke mana-mana. Menurut cerita para perempuan yang melahirkan normal, proses pemulihan pasca persalinan jauh lebih cepat.

2. Cepat Bebas Bergerak

Sehari setelah melahirkan, ibu yang melahirkan normal sudah bisa berjalan dan bergerak bebas tanpa perlu merasakan sakit akibat jahitan dari operasi yang belum kering. Keuntungannya adalah ibu jadi bisa lebih cepat mengurus bayinya sendiri dan menjalin bonding yang lebih kuat dengan newborn baby .

3. Memiliki Ikatan Batin Lebih Kuat

Selama proses persalinan, ibu dan bayi di dalam kandungan sama-sama berjuang. Karena itulah, ibu yang melahirkan secara normal memiliki ikatan batin yang lebih kuat dengan anaknya. Melalui tes MRI, ditemukan fakta bahwa sensitivitas yang mengatur emosi dan motivasi di daerah otak pada ibu yang melahirkan normal, angkanya ternyata lebih tinggi. Sebab inilah yang membuat ibu yang melahirkan secara normal jadi lebih responsif terhadap tangisan bayi.

4. Lebih Mudah IMD

Berkaitan dengan ikatan batin, bayi yang dilahirkan secara normal lebih tertarik untuk melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Karena ikatan batin yang sudah terjalin dengan kuat antara ibu baru dan bayinya, mereka jadi mudah bekerja sama melakukan kegiatan menyusui untuk pertama kalinya. Seperti yang sudah diketahui, kegiatan menyusui pertama kali bagi ibu dan bayi tidak semudah yang terlihat dan membutuhkan kesabaran serta kerja sama dari kedua belah pihak.

5. Bayi Lebih Sehat

Selain bermanfaat untuk ibu, persalinan normal juga memiliki banyak sekali manfaat untuk bayi. Banyak penelitian yang menjelaskan mengenai hal ini, salah satunya adalah bayi akan memiliki paru-paru yang lebih kuat karena saat lahir melewati vagina, ada proses pengangkutan oksigen ke jaringan-jaringan tubuh bayi. Itulah yang menyebabkan bayi yang dilahirkan melalui proses normal memiliki risiko gangguan yang lebih rendah dan bayi yang lahir secara normal akan memiliki daya juang yang lebih tinggi karena sudah pernah berjuang untuk lahir dari rahim ibunya.