Apa saja manfaat mandi air dingin?

Mandi air dingin

Kita sering merasa malas kalau disuruh mandi, apalagi mandinya dengan air dingin. Padahal, mandi air dingin itu ada manfaatnya. Apa manfaat mandi air dingin?

Mandi air dingin mampu meningkatkan kewaspadaan karena suhu dingin memicu otak untuk memproduksi hormon norepinefrin yakni sejenis adrenalin yang dapat membantu pikiran untuk waspada secara alami.

Mandi air panas kadang terpaksa dilakukan saat sakit. Namun jika sedang tidak sakit, mandi air dingin lebih dianjurkan. Air panas dapat membuat kulit kering. Selain itu, kulit juga berkurang drastis kelembaban serta kekenyalannya akibat air panas. Sedangkan air dingin dapat mengencangkan pori sehingga kotoran tak gampang masuk dan mengendap.

Mengutip dari Menprovement, mandi air dingin dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sebuah studi di Inggris menemukan bahwa mandi air dingin secara teratur meningkatkan sel darah putih yang dapat memerangi bibit penyakit. Mandi air dingin terbukti dapat meningkatkan tingkat kecepatan metabolisme dan aktivasi sistem imun.

Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Endocrinology menyebut suhu panas, sekecil apapun dapat mempengaruhi DNA, RNA, dan protein sistesis pada pria. Periset menggunakan tikus sebagai objek studi. Pada tikus ditemukan bahwa peningkatan suhu selama 15 menit dapat mengakibatkan penurunan drastis kadar testosteron.

Oleh karenanya, mandi air dingin dikatakan mampu meningkatkan kadar hormon testosteron. Dilansir dari Menprovement, hal ini pula yang menyebabkan seorang atlet angkat beban Rusia terbiasa duduk di luar saat udara dingin sebelum kompetisi.

Selain itu, mandi air dingin juga dapat meningkatkan kesuburan karena produksi sperma yang berlimpah. Mandi air panas secara teratur terbukti merupakan ‘kontrasepsi’ efektif bagi pria. Pria yang mandi setidaknya 30 menit per hari dengan air panas selama 3 minggu cenderung tak subur selama 6 bulan berikutnya.

Mandi air dingin dapat membantu menurunkan berat badan. Tubuh manusia mengandung dua jenis lemak yakni, lemak putih dan lemak coklat. Lemak putih adalah tumpukan lemak saat tubuh mengonsumsi kalori melebihi kebutuhan. Sedangkan lemak coklat adalah lemak baik yang kita gunakan untuk menghasilkan panas demi menjaga tubuh tetap hangat. Lemak jenis ini terbakar saat tubuh terpapar suhu dingin. Studi pada 2009 menemukan bahwa tubuh bisa kehilangan berat badan hingga 5 kilogram dalam setahun jika rajin mandi air dingin.

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20171030164345-255-252214/5-manfaat-mandi-air-dingin