Apa saja manfaat madu bagi rambut?

Sudah menjadi rahasia umum bahwa madu memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Pemanis alami ini sudah dijadikan bahan dasar pembuatan obat-obatan maupun produk kecantikan. Selain itu madu juga dipercaya sangat bagus untuk merawat rambutmu.

Hal ini berguna untuk menyeimbangkan perawatan kimia dan perawatan alami.

Adapun manfaat madu untuk rambut serta cara memakainya adalah :

Madu dapat menyuburkan rambut

Madu mengandung antioksidan sehingga penggunaan madu di kulit kepala dapat dapat merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu madu juga mengandung emolien yang fungsinya untuk meningkatkan kesehatan folikel rambut. Hal inilah yang menyebabkan rambut dapat cepat panjang dan terlihat lebat.

Caranya dengan membuat masker rambut dari madu adalah dengan mencampur 2 sendok makan madu dengan 2 sendok makan minyak zaitun Oleskan campuran madu dan minyak zaitun tadi pada rambut dan kulit kelapa secara merata, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Madu dapat melembabkan rambut

Madu dapat mencegah hilangnya kelembaban dari kulit kepala Anda. Selain itu dengan kandungan gulanya yang tinggi dapat membantu mempertahankan kelembaban rambut sehingga tidak kering dan kusam.

Rambut kering bisa diatasi dengan membuat masker madu dengan cara mencampur madu dengan yogurt atau madu dengan santan kelapa. Gunakan campuran masker ini di rambut secara merata sebelum keramas. Cara lainnya adalah dengan mencampur 2 sendok makan madu, 1 sendok makan jus lemon dan 3 sendok makan minyak zaitun. Panaskan ramuan tersebut dan aduk hingga merata. Setelah ramuan itu dingin oleskan di kulit kepala hingga ke ujung rambut sambil dipijat-pijat dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini 2 kali seminggu.

Madu dapat mengatasi ketombe

Ketombe yang ada di rambut akan mengganggu penampilan kita, karena rambut akan menjadi kotor dan kulit kepala terasa gatal. Madu memiliki antibakteri dan antiseptik sehingga penggunaan madu di kulit kepala dapat menjaga kulit kepala kita bersih dan bebas bakteri.

Maka masalah ketombe bisa diatasi dengan menggunakan madu. Caranya yaitu dengan menggunakan jeruk nipis yang dipotong menjadi dua, lalu dilumuri dengan madu. Gosokkan jeruk nipis dan madu tersebut pada kulit kepala secara merata. Sambil dipijat-pijat agar meresap ke dalam kulit kepala. Lalu diamkan selama 20 menit. Setelah itu keramas dengan sampo. Bilas hingga bersih dan tidak tersisa bekas samponya karena sisa sampo ini juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe.

Sumber: