Apa saja Manfaat Kulit Manggis?

http://sains.me/sainsme/wp-content/uploads/2015/11/Manfaat-Kulit-Manggis.jpg

Belakangan banyak sekali iklan ekstrak kulit manggis. Apa sebenarnya kandungan kulit manggis?

Khasiat-khasiat tersebut telah diketahui turun-temurun tak hanya sebagai obat herbal dalam penyembuhan penyakit, tetapi juga dapat mencegah kanker dan meregenerasi kulit wajah.

  1. Mencegah Pembentukan Sel Kanker
    Dari berbagai penelitian mengenai buah manggis dikatakan bahwa pada bagian kulit buah mengandung zat Xantone yang berkhasiat sebagai penangkal sel kanker dalam tubuh. Kita dapat mengonsumsinya dalam bentuk jus. Caranya, keruklah bagian dalam kulit buah, kemudian blender bersama satu gelas air matang, gula aren, dan madu. Pemanis alami tersebut berguna untuk menetralisir rasa dan aroma dari kulit manggis tersebut.

  2. Mencegah Sakit Jantung
    Buah dengan kulit berwarna ungu gelap ini mengandung magnesium dan kalium yang tinggi. Adapun manfaat dari kalium untuk mengontrol detak jantung dan tekanan darah, sehingga apabila mengonsumsi kulit manggis secara berkala dapat mengurangi potensi penyakit jantung.

  3. Mengendalikan Kadar Kolesterol
    Olahan kulit manggis tak hanya baik untuk menjaga kesehatan jantung, tetapi juga berguna dalam mengontrol kadar kolesterol. Caranya, kamu dapat mengolah kulit manggis tersebut dengan bantuan blender atau dengan cara diremas-remas. Setelah itu, kamu dapat menambahkan dengan madu atau gula sebagai pemanis.

  4. Mengobati Penyakit Diare dan Demam
    Kulit manggis juga memiliki khasiat untuk mengatasi diare dan demam. Umumnya, teknik pengobatan herbal ini digunakan oleh masyarakat Filipina. Caranya, rebus daun beserta kulit manggis hingga air mendidih, setelah itu minumlah air dari rebusan tersebut. Disamping itu, kamu juga dapat menambahkan sedikit madu sebagai perisa.

  5. Mencegah Penuaan Dini
    Selain tinggi dengan zat Xantone, kulit buah manggis juga mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu meregenerasi kulit. Kalau kamu tertarik untuk mencoba, kamu hanya perlu mengonsumsi kulit manggis yang telah dibuat dalam bentuk jus.

Sumber:
sains.me