Apa saja manfaat ketika melakukan arung jeram?

Wisata arung jeram merupakan wisata yang sangat menarik karena disini kita akan ditantang dalam melewati sungai dengan arus deras serta melewati batu-batu besar. Beberapa orang sangat menyukai wisata ini terutama anak muda, disini sangat dibutuhkan kerja satu tim untuk melewati sungai yang deras ini. Pastinya wisata ini memiliki manfaat tersendiri ketika kita melakukannya, apa saja manfaat ketika melakukan arung jeram?

Manfaat Arung Jeram

Memperkuat jantung

Gerakan mendayung dapat memperkuat otot dada dan lengan kita. Rasa takut dan kecemasan akan membuat jantung memompa lebih cepat. Jantung yang mempompa lebih cepat dan mengalirkan oksigen ke pembuluh darah dengan kekuatan otot tubuh, bagus untuk latih kekuatan otot jantung kita.

Membakar kalori

Anda yang sedang menjalani program diet, lebih baik diimbangi dengan melakukan arung jeram. Gerakan dalam arung jeram dapat membuat metabolisme tubuh jadi makin lancar dan proses pembakaran kalori berjalan sempurna/lebih cepat. Sehingga menunjang program diet.

Melatih otot tubuh

Saat melakukan arung jeram kita dituntut menjaga keseimbangan. Otot tubuh akan terlatih, terlebih ketika kita harus mendayung untuk memperkuat dorongan supaya perahu terus bergerak.

Penghilang stress dan pikiran jadi rileks

Arung jeram dapat membuat pikiran rilek dan terhindar dari stress. Panorama alam yang indah dan menawan, disertai udara sejuk, dan lingkungan asri sangat mendukung untuk relaksasi dan menghilangkan tekanan/stress.

Latih emosi

Ikatan emosi diperlukan, terlebih ketika melintasi medan yang sulit. Kita harus bisa mengambil sikap dan keputusan dalam kondisi genting, dan hal ini sangat baik untuk melatih emosi diri kita.

Perkuat rasa persahabatan

Ketika melakukan arung jeram, dalam satu kelompok baru, kita bertemu dengan orang-orang baru. Kita dituntut untuk dapat bekerja sama dalam melalui jeram sungai. Hal ini berdampak pada hubungan yang jadi makin erat.

Sumber : https://tempatwisataunik.com/info-wisata/keselamatan/bahaya-arung-jeram

Melawan Rasa Takut

Melakukan terapi lawan rasa takut bagi seseorang yang takut berlebih terhadap air, bisa dilakukan dengan olahraga arung jeram. Phobia terhadap air dapat dikikis perlahan. Ini harus mendapat perhatian dan didampingi instruktur agar dapat mengajari bagaimana tekhnik melawan ketakutan.