Apa saja manfaat kacang pecan untuk kesehatan tubuh ?

image
Kacang-kacangan mengandung serat dan protein nabati tinggi yang baik untuk kesehatan. Kacang juga tinggi akan kandungan lemak sehat, vitamin dan mineral, serta antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Salah satu jenis kacang yang menyimpan segudang manfaat adalah kacang pecan. Anda mungkin lebih familiar dengan kacang tanah atau kacang almond, tapi manfaat kacang pecan juga tak kalah menakjubkan untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat kacang pecan untuk kesehatan tubuh ?

Kandungan kacang pecan

Seperti yang di sebutkan bahwa kacang pecan merupakan salah satu jenis yang bermanfaat bagi kita. Kandungannya sangat kaya akan nutrisi. Setiap biji kacang pecan mengandung lebih dari 19 mineral vitamin. Kacang pecan mengandung seng, vitamin E dan A, magnesium, kalium, tembaga, serta vitamin B. yang paling utama dikenal oleh umum, kacang ini memiliki kandungan 65-70% lemak sehat. 65% nya berupa asam lemak oleat, dan 26% nya mengandung asam lemak linoleat. Penelitian lain menyebutkan bahwa satu porsi kacang pecan menganding 200 kalori dan kaya akan serat.

Mengatasi penyakit jantung

Beragam penelitian mengungkapkan bahwa kacang pecan bisa mengatasi sel-sel saraf yang rusak dan menggantinya dengan sel-sel baru dalam kasus penyakit jantung. Kadar lemak sehat pada kacang pecan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Menurunkan kolesterol jahat

Penelitian yang dilakukan New Mexico University terhadap penderita hyperlipidemia atau bisa disebut seseorang yang kelebihan kadar lemak darah dengan memberikan mereka segenggam pecan setiap harinya selama delapan minggu berturut-turut. Hasil yang di dapatkan bahwa pecan berhasil menurunkan kadar lemak jahat LDL sebesar 16%. Hasil tersebut dilaporkan ke dalam journal of the American Dietetic Assosiacion 2000.

Mencegah Stroke

Oleh sebab kacang pecan mamou menurunkan kadar kolesterol yang tidak dibutuhakn tubuh maka secara otomtais akan mengurangi resiko terkena penyakit seperti stroke. Penelitian lain yang dilakukan menunjukkan bahwa kacang pecan baik untuk menunjang program diet mediterania, dimana tubuh membutuhkan serat, asam lemak tak jenuh tunggal, serta oksidan yang mana kesemua kebutuhan nutrisi ala diet mediterania terdapat pada kacang pecan. Diet mediterania yang di dukung oleh konsumsi kacang pecan akan membantu kondisi lipid darah dalam keadaan sehat sehingga akan mencegah terjadinya stroke.

Sumber : Manfaat Kacang Pecan