Apa saja manfaat Ikan Teri bagi Kesehatan ?

ikan teri

Manfaat ikan teri bagi kesehatan tubuh tidak lepas dari banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada ikan teri. Beberapa daftar kandungan ikan teri ini antara lain:

Protein
Protein yang terkandung dalam 100 gr ikan teri segar sekitar 10,3 gr protein. Protein itu sendiri mempunyai manfaat yang sangat penting seperti pembentukan massa otot, menambah kekuatan dan juga daya tahan tubuh, baik untuk massa pertumbuhan.

Kalsium
Kalsium yang terkandung dalam ikan teri ini cukup tinggi, yaitu sekitar 972 mg kalsium dalam setiap 100 gr ikan teri. Kandungan kalsium dalam ikan teri ini cukup untuk menggantikan susu dalam memenuhi kebutuhan kalsium tubuh. Kalsium itu sendiri sangat penting untuk kesehatan tulang.

Beberapa manfaat kalsium yang lain diantaranya:

  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi
  • Memperkuat tulang

Manfaat Ikan Teri lainnya

Fosfor
Sama seperti kalsium. fosfor ini juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang. Dalam 100 gr ikan teri segar, terdapat kandungan fosfor sekitar 252 mg.

Zat besi
Selain protein, kalsium dan fosfor, kandungan zat besi dalam ikan teri juga tergolong lumayan tinggi. Dalam 100 gr ikan teri segar, mengandung sekitar 3,9 mg zat besi. Zat besi ini mempunyai manfaat yang sangat penting untuk tubuh, diantaranya untuk mencegah anemia.

Lemak
Lemak yang terkandung dalam 100 gr ikan teri segar sekitar 1,4 gr. Walaupun tergolong rendah, namun ikan teri ini lumayan cocok untuk yang sedang menjalani progam diet.

Manfaat Ikan Teri Untuk Tulang
Seperti yang sudah dibahas diata, kandungan kalsium dan ikan teri ini sangat tinggi. Yang mana kalsium dan juga fosfor sangat berguna untuk menjaga kkesehatan tulang dan gigi.

Manfaat Ikan Teri Untuk Ibu Hamil dan Bayi
Selain untuk menjaga kesehatan tulang, kalsium dan juga fosfor juga penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi. Untuk ibu hamil sendiri, kandungan kalsium berfungsi untuk mencegah terjadinya anemia.

1. Kaya asam lemak omega-3

Ikan teri mengandung asam lemak omega-3 tinggi yang berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung hingga fungsi otak.

Bahkan, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association pada tahun 2006 diketahui bahwa mengonsumsi dua porsi minyak ikan setiap minggu mampu mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 36 persen.
American Heart Association merekomendasikan makan dua porsi ikan berlemak setiap minggu untuk memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 Anda.

2. Mendukung kesehatan tulang

Ikan teri adalah satu sumber makanan yang mengandung kalsium tinggi. Dilansir dari laman Detik Health, Fiastuti Witjaksono, seorang dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, mengatakan bahwa ikan teri mengandung sekitar 500 mg hingga 972 mg kalsium.

Kandungan kalsium yang tinggi ini sangat baik untuk menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Tidak hanya kalsium, ikan teri juga memiliki kandungan vitamin K, magnesium, serta fosfor yang sama baiknya untuk menjaga kesehatan tulang. Makan teri selama menyusui bahkan dapat mencegah wanita terkena osteoporosis dini.

3. Sumber protein yang baik

Protein merupakan salah satu nutrisi terpenting yang dapat membantu membangun otot dan jaringan tubuh. Selain itu, protein juga berfungsi untuk menghasilkan enzim dan hormon penting dalam tubuh.

Per 100 gram ikan teri mengandung 16 gram protein. Menggabungkan ikan teri dengan dengan makanan yang kaya protein lainnya akan membantu Anda memenuhi kebutuhan protein harian Anda.

Selain tinggi protein, ikan teri pun diketahui rendah kalori. Hal inilah yang bisa jadi pilihan sempurna jika Anda berencana ingin menurunkan berat badan.

4. Rendah merkuri

Merkuri adalah sejenis logam berat hasil buangan dari limbah pabrik dan rumah tangga. Di dalam air, merkuri berubah menjadi zat yang disebut dengan metilmerkuri yang berikatan dengan protein dalam otot ikan.

Jika Anda mengonsumsi ikan atau makanan laut lainnya yang mengandung merkuri, maka kandungan merkuri dalam daging ikan akan masuk ke dalam tubuh Anda. Penumpukan merkuri dalam tubuh dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti keracunan merkuri hingga bahkan kerusakan saraf, terutama pada bayi dan anak-anak.

Kabar baiknya, kandungan merkuri dalam ikan teri termasuk yang paling rendah di antara produk ikan-ikanan dan seafood lainnya. Itu sebabnya teri bisa dijadikan pilihan makanan yang aman dan bergizi untuk dikonsumsi.

Referensi