Apa saja makanan yang baik untuk bayi kucing?

bayi kucing

Ketika bayi kucing baru lahir, apakah susu dari induk kucing saja sudah cukup, ataukah ada makanan lain? Apa saja makanan yang baik untuk bayi kucing?

2 Likes

Anak kucing yang baru lahir hanya dapat mencerna susu dari kucing betina. Memberikannya jenis susu yang salah, seperti susu sapi, bisa menimbulkan efek jangka pendek maupun panjang (seperti diare, dehidrasi, kekurangan nutrisi) dan masalah kesehatan jangka panjang akibat pertumbuhan yang tidak baik.

Anda bisa membeli susu formula pengganti untuk anak kucing (kitten milk replacement atau KMR) di toko makanan hewan di sekitar Anda, klinik dokter hewan, atau bahkan di internet. Di Indonesia ada susu anak kucing Growssy dan Max Kitt Milk, tetapi Anda juga bisa meminta rekomendasi merek susu anak kucing dari dokter hewan.

Susu pengganti untuk anak kucing dijual dalam kemasan kaleng, dan berupa bubuk kering atau cairan. Seperti membuat susu bayi, Anda perlu mengikuti panduan dalam kemasan untuk menentukan seberapa banyak sendok susu dan air yang harus ditambahkan.

Berhati-hatilah karena susu yang dijual dalam kemasan kardus dan berlabel “susu kucing” tidak cocok untuk anak kucing Anda. Ini adalah susu sapi yang dihilangkan kandungan laktosanya, dan dirancang sehingga susu sapi ini bisa dikonsumsi oleh kucing dewasa (lebih untuk memenuhi keinginan kita memberikan susu untuk kucing, ketimbang memenuhi kebutuhan fisiologis kucing itu sendiri). Susu ini tidak cocok diberikan kepada anak kucing.

Sumber : https://id.wikihow.com/Memberi-Makan-Anak-Kucing-yang-Baru-Lahir

Makanan yang diformulasikan untuk anak kucing harus memiliki nutrisi tepat yang dibutuhkannya dalam jumlah yang benar untuk memberikan protein, vitamin, mineral, dan unsur-unsur lain yang penting untuk mendukung perkembangan yang sehat.

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi anak kucing, makanan pertama mereka harus cocok untuk sistem pencernaan dan gigi mereka yang masih muda. Bagi kucing, bau dan tekstur makanan adalah faktor penentu yang lebih besar daripada rasa, tetapi karena anak kucing mempertahankan gigi susunya hingga berusia empat bulan, penting bagi Anda untuk memilih kibble berukuran tepat agar mudah dikunyah. Memperkenalkan anak kucing pada makanan basah dapat menguntungkan karena makanan basah dapat memiliki manfaat kesehatan dan mungkin sulit untuk diperkenalkan di kemudian hari dalam masa hidupnya.

Dari lahir hingga usia empat bulan, anak kucing mengalami lonjakan pertumbuhan yang kuat yang membantu membangun kerangka tulang dan massa otot yang kuat. Oleh karena itu, mereka membutuhkan protein dan nutrisi penting lainnya dari makanan mereka, seperti antioksidan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Antara usia empat dan 12 bulan, pertumbuhan mereka melambat tetapi anak kucing masih akan memiliki kebutuhan energi yang tinggi seiring mereka mulai menjelajahi lingkungan mereka sementara tubuh mereka terus tumbuh dan massa otot mereka berkembang. Namun, sistem pencernaan mereka masih berkembang, jadi pilihlah makanan padat energi dan sangat mudah dicerna yang memberi mereka segala hal yang mereka butuhkan.