Apa saja makanan untuk Ular Reticulatus Python atau Sanca Kembang ?

Ular Sanca Kembang

Apa saja makanan untuk Ular Reticulatus Python atau Sanca Kembang ?

Makanan yang umum diberikan adalah tikus, unggas, daging ayam, kepala ayam, fillet ayam, marmut, kelinci dan sebagainya. Untuk ukuran retic baby 70 cm s/d 100 cm bisa dilakukan pemberian pakan dengan durasi 1 minggu sekali dengan porsi 3-4 ekor tikus, dan semakin besar retic maka lebih baik durasi pemberian pakan di perpanjang bisa 2-3 minggu sekali untuk ukuran 3 meter.

Jika kalian memberi menu lain maka porsinya di sesuaikan. Jangan terlalu banyak memberi pakan karna ular ini tergolong rakus dan akan memakan berapapun yang diberikan hingga sistem pencernaannya tidak mampu lagi menerima makanan. Hal itu juga berbaha, biasanya menyebabkan suddent death. Ular tampak sehat tiba tiba mati itu dikarnakan ular terlalu gemuk hingga lemak dalam tubuh menggangu sistem pernafasannya.

Untuk pakan yang berkualitas saya sarankan tikus mencit/ Rat, kelinci atau hewan lain yang tidak dibesarkan dengan makanan olahan pabrik contohnya ayam potong. Tapi sesekali tidak apa apa karna memang daging ayam potong lebih murah dari pada menu yang saya rekomendasikan diatas.