Apa saja makanan untuk anjing shar pei ?

Apa saja asupan makanan yang bisa di konsumsi oleh anjing shar pei?

Sampai usia 3 ( tiga ) bulan boleh diberikan susu kambing yang dihangatkan 60-70 derajat celcius agar bakteri bagus yang bermanfaat bagi tubuh tidak hilang. Atau apabila kesulitan mendapatkan susu kambing bisa dengan susu formula SGM – LLM ( Low Lactose ). Jangan susu formula SGM biasa atau merk lain !!! Buatlah campuran 1 sendok susu berbanding 40 cc air supaya encer. Apabila mencret, segera stop pemberian.

Jangan campur dogfood dengan susu. Berikan terlebih dahulu dogfood yang sudah agak lembek / direndam. Kalau anjing sudah makan tapi masih ada sisa, barulah tuang susu ke sisa dogfood tersebut. Ini untuk menghindari ketergantungan anjing terhadap susu. Untuk anakan usia 2 bulanan berikan dogfood 3 – 4 sendok makan sekali makan, sehari 3x, ditambah susu 80 – 120 cc sehari 3x. Kalau tidak habis sisanya harus dibuang.
Note: Sharpei bukan anjing rakus, jadi jangan heran bila mereka makan pelan-pelan.

Usia +/- 3 ( tiga ) bulan boleh mulai diberikan dogfood kering. Pertama-tama biasanya tidak mau makan, tapi lama kelamaan pasti mau, asalkan anjing tidak dalam kondisi sakit. Makanan basah kurang baik untuk kesehatan gigi, bisa cepat rusak dan menyebabkan karang gigi.
Usia 4 ( empat ) bulan boleh diberikan makan 2x sehari saja.
Dosis makan sebaiknya ditambah seiring usia pertumbuhan. Kalau selalu habis berarti dosis bisa ditambahkan.

Sebaiknya hindari pemberian daging kaleng agar anjing tidak menjadi manja. Karena apabila sudah merasakan makanan kaleng mereka menjadi tidak bernafsu lagi terhadap makanan kering. Kecuali, anjing sedang dalam kondisi tidak mau makan karena sakit, makanan kaleng bisa membantu menimbulkan selera. Dan ingat, jangan “BEEF” !!!

Boleh diberikan sedikit snack untuk melatih atau sebagai selingan. Biasa merk yang disukai adalah merk Jerhigh atau Vita Kraft. Jangan pernah sekalipun diberikan makanan manusia ( bakso, roti, kue apalagi coklat [ coklat mengandung bahan mematikan bagi anjing ] meski hanya sedikit atau secuil…). Hal ini untuk menghindari batu ginjal dan diabetes dimasa tua. Berikan makanan KHUSUS ANJING saja.

Sebaiknya jangan berganti – ganti merk dogfood sebab dogfood merk Science Diet Lamb and Rice biasa cocok untuk anjing sharpie dan ini sudah dibuktikan banyak breeder sharpei di Jakarta. Kalau salah dogfood bisa berakibat sakit kulit yang parah.

sumber: Selamat datang... Welcome...: Petunjuk Perawatan Sharpei