Apa saja makanan penyebab sembelit pada bayi?


Bayi yang hanya diberi ASI biasanya jarang mengalami sembelit atau susah buang air besar. Ini karena ASI membantu melancarkan pencernaan bayi. Meski begitu, berbeda halnya ketika bayi mulai mengenal makanan padat, sembelit bisa menjadi masalah yang harus dihadapi. Apa saja makanan penyebab sembelit pada bayi?

Pisang dan Saus Apel
Meskipun memiliki rasa yang enak, akan tetapi pisang dan saus apel dapat menyebabkan sembelit pada bayi. Jika anak anda mengalami kesulitan buang air besar, maka anda bisa memberikannya buah pir, plum, prem dan buah persik. Sama halnya dengan sayuran, buah-buahan tersebut baik untuk sistem pencernaan.

Sereal Beras
Sereal beras adalah makanan padat pertama bayi yang diperkenalkan oleh orang tua. Namun sayangnya, makanan ini dapat memicu terjadinya sembelit pada bayi. Karena seperti itu, anda dapat mencoba untuk memberikan sereal oatmel atau selai. Pasalnya, jenis makanan ini mengandung lebih banyak serat. Untuk membantu mencegah sembelit, anda bisa menambahkan jus prem sedikit saja.

Makanan Cepat Saji
Tidak sedikit orang tua yang memberikan makanan cepat saji pada buah hatinya. Beberapa jenis makanan yang dimaksud di antaranya yaitu burger, kentang goreng dan chicken nugget. Makanan olahan tersebut mengandung tinggi lemak dan dapat memicu terjadinya sembelit.

Makanan Serat Gula
Sama halnya dengan makanan cepat saji, makanan serat gula pun dapat memicu terjadinya alergi pada bayi. Makanan serat gula yang dimaksud di antaranya yaitu kue, soda, es krim, dan permen. Apabila anak anda mengalami sembelit, sebaiknya anda menghindari keju untuk sementara waktu.

Susu Formula
Bayi yang mengkonsumsi ASI eksklusif biasanya jarang mengalami sembelit, karena protein dan lemak pada susu seimbang, sehingga tinja yang dihasilkan selalu lembut. Bahkan meskipun bayi tidak buang air besar dalam kurun waktu beberapa hari.

Apabila bayi baru mengkonsumsi susu formula, namun kemudian ia mengalami sembelit, itu mungkin saja ada sesuatu di dalam susu formula. Biasanya penyebabnya yaitu adanya komponen protein yang berbeda dalam susu formula sehingga menyebabkan sembelit. Untuk beralih ke merek lain, anda bisa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.