Apa saja makanan Ikan Kerapu ?

ikan kerapu

Ikan kerapu merupakan salah satu jenis ikan laut, ikan kerapu biasanya hidup di karang-karang. Di beberapa negara tropis, ikan kerapu (Groupers) sudah mulai di budidayakan secara komersil. Apa saja makanan Ikan Kerapu ?

Kebiasaan makan kerapu dapat dilihat dari isi perutnya. Isi perut kerapu yang masih kecil atau muda didominasi krustacea (udang-udangan dan kepiting) sebanyak 83% serta ikan-ikanan sebanyak 17%. Semakin besar, isi perutnya didominasi oleh ikan-ikanan. Jenis udang-udangan yang banyak dijumpai di perut kerapu adalah udang krosok (Parapeneus sp.), udang jerbung (Penaeus marguiensis), dan udang dogol (Metapenaeus sp.).

Sementara itu, untuk jenis ikan-ikanan yang digemari kerapu adalah belanak (Mugil sp.), ikan teri (Stelopterus sp.), tembang (Sardinella sp.), beronang (Siganus sp.), cumi-cumi (Lolligo sp.) dan Jenaha (Lutjanus sp.). Karena makanannya tersebut, kerapu tergolong karnivora dengan kandungan protein tinggi.

Kerapu memiliki kebiasaan makan pada pagi hari sebelum matahari terbit serta menjelang matahari terbenam. Jika dalam keadaan lapar, kerapu menghadap ke atas dan matanya bergerak-gerak siap memangsa. Biasanya kerapu akan memangsa dan langsung menyergapnya. Kerapu jarang mengonsumsi pakan yang sudah jatuh ke dasar perairan walau keadaan lapar.

http://www.upacaya.com/mengenal-beragam-jenis-kerapu/