Apa Saja Langkah Untuk Menjadi Seorang Manejer Pemasaran?

Seorang manajer pemasaran adalah orang yang akan mengawasi promosi dan penjualan produk, layanan, atau gagasan yang ditawarkan oleh bisnis.

marketing-management-scholarships

Seorang manajer pemasaran adalah seorang profesional yang mengawasi kegiatan yang digunakan untuk meningkatkan promosi dan penjualan produk, layanan, atau gagasan. Para profesional ini harus menentukan kebutuhan dan preferensi konsumen, menciptakan permintaan akan produk tertentu dan kemudian bekerja untuk mempertahankan basis pelanggan mereka. Sebagai manajer pemasaran, Anda akan terlibat dalam fungsi yang memfasilitasi kegiatan ini, seperti pengembangan produk, pengemasan, periklanan, penetapan harga, dan distribusi.

Terdapat 5 langkah untuk menjadi seorang manejer pemasaran:

  1. Dapatkan Gelar Sarjana

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja A.S. (BLS), pengusaha lebih memilih mempekerjakan manajer pemasaran yang telah menyelesaikan setidaknya program sarjana (www.bls.gov). Jurusan yang konsisten dengan pekerjaan Anda meliputi pemasaran, periklanan, administrasi bisnis, dan bidang terkait lainnya. Selama program Anda, Anda akan mengikuti kursus yang memberikan pelatihan materi pelajaran yang ditargetkan, seperti riset pemasaran, hubungan masyarakat, perilaku konsumen, keuangan bisnis, dan periklanan.

  1. Pertimbangkan Sertifikasi

Sertifikasi tidak diperlukan, namun BLS melaporkan bahwa semakin banyak manajer pemasaran menerima sertifikasi untuk meningkatkan peluang kerja mereka dalam ekonomi yang sulit. Sertifikasi tersedia melalui asosiasi perdagangan seperti Sales & Marketing Executives International (SMEI) dan mengharuskan Anda untuk berhasil mengikuti ujian (www.smei.org).

  1. Memperoleh Pengalaman Kerja

Sebagai manajer pemasaran, Anda bisa bekerja untuk industri apa pun yang menjual produk, layanan, atau gagasan. Anda mungkin menemukan pekerjaan dengan perusahaan khusus yang menyediakan layanan pemasaran kepada banyak klien, atau Anda bisa bekerja di departemen pemasaran untuk sebuah organisasi yang menjual barangnya sendiri. Pakaian, hiburan, makanan dan minuman, perawatan kesehatan, perhotelan, dan teknologi hanyalah beberapa dari sekian banyak industri yang menggunakan jasa manajer pemasaran. BLS melaporkan bahwa sampai Mei 2015, gaji rata-rata tahunan seorang manajer pemasaran adalah $ 128.750.

  1. Bergabung dengan Asosiasi Perdagangan

Dengan bergabung dalam asosiasi perdagangan, Anda dapat terus mengetahui perkembangan industri terkini, protokol, dan teknologi baru. Anda juga akan mendapatkan akses ke peluang jejaring profesional. Keanggotaan tersedia melalui berbagai organisasi, termasuk Asosiasi Pemasaran dan Pemasaran Produk Internasional, American Marketing Association, dan SMEI.

  1. Memulai Pendidikan Pascasarjana

Menghasilkan gelar master dapat memberi Anda keuntungan saat mengajukan pekerjaan manajemen pemasaran tingkat tinggi, menurut BLS. Anda mungkin memperoleh gelar Master of Science (M.S.) di bidang Pemasaran atau Master of Business Administration (MBA). Jika Anda mengikuti studi pascasarjana, Anda biasanya akan menerima pelatihan lanjutan dalam manajemen, kepemimpinan, strategi bisnis, keuangan, pengembangan produk, dan komunikasi perusahaan.

Sumber: