Apa saja langkah dalam merencanakan agile product roadmap?

image

Merencanakan roadmap ini merupakan langkah kunci dalam alur kerja kita, terutama dalam menggunakan framework agile. Sehingga sebelum membuka alat roadmap seperti aplikasi atau papan tulis atau spreadsheet untuk membuat agile roadmap, berikut ada langkah yang harus di perhatikan. Apa saja langkah-langkahnya?

Berikut ini hal yang harus diperhatikan saat merencanakan agile roadmap yaitu:

Langkah 1: Sets your goals

Agile roadmap kita berkomunikasi dan menyelaraskan dengan stakeholders. Tanpa tujuan yang ditetapkan, mengharapkan para pemangku kepentingan untuk menjauh dari peta jalan kita dengan priooritas yang berbeda (kebalikan dari apa yang kita inginkan). Roadmap kita harus selalu mengikat langsung kembali ke tujuan utama kita sehingga para stakeholder tentang strategi produk kita.

Langkah 2: Evaluate your resources

Jika kita memiliki 10 pengemban, tetapi 2 sedang berlibur dan 1 dibagi oleh pemasaran, berapa banyak yang dapat kita kirimkan di sprint berikutnya? Jawabannya: mungkin tidak sebanyak yang kita bisa dengan tim yang terdiri dari 10 pengembang. Merencanakan roadmap kita harus membahas sumber daya yang tersedia dan kendala bagi mereka.

Langkah 3: Check-in with your users

Dalam langkah ini membuka pikiran kita kapan organisasi membangun roadmap hanya berdasarkan data pasar kuantitatif. Kebutuhan pengguna jauh lebih dalam daripada riset statistik. Berbicara langsung kepada pelanggan selama perencanaan kita agar memberikan wawasan tentang investasi yang diabaikan. Sebelum berkomitmen pada apa pun di roadmap kita, masuk akal untuk memahami pengguna kita.

Langkah 4: Determine your building blocks

Selanjutnya, membuat tema utama kita dan fitur-fitur yang sesuai. Kemudian di break down menjadi user strories. Dari sini, kembangkan perkiraan keyakinan yang tinggi pada fitur dan stories kita, dan identiikasi semua dependensi yang dapat menahan kita. Dalam langkah ini kita akan mempersiapkan untuk mengatasi dan mempertahankan pilihan kita ketika adanya perubahan. Dan jika perubahan diperluan, kita dapat berbicara tentang dampak dan imbal balik yang harus dilakukan.

Langkah 5: Hold Planning Sessions

Langkah ini tidak terlalu terisolasi, tetapi lebih berkelanjutan dan bekerja bersama dengan langkah sebelumnya. Buatlah agile roadmap planning tim dengan menempatkan seluruh tim produk kita dalam satu ruangan. Ini merupakan kesempatan kita untuk benar-benar memahami bersama-sama dalam kasus penggunaan kita, pekerjaan, penemuan, dan tujuan sebelum membuat investasi roadmap apapun.

Sumber: