Apa saja kunci keberhasilan dalam melakukan risk management plan ?

Dalam pembuatan risk management plan diperlukan hal-hal yang bisa membuat project itu sukses. Apa saja kunci keberhasilan dalam penerapan risk management plan pada project perusahaan ?

Kunci keberhasilan menerapkan risk management plan dapat dijelaskan sebagai berikut :

Stakeholder proyek (misalnya klien, dan kontraktor) harus memiliki dokumen proses pengerjaan proyek yang lengkap. Masing-masing perlu memahami peran mereka dalam rencana pengelolaan dan harus berkomitmen penuh untuk menjalankan tugas mereka yang sudah diberikan.

Stakeholder proyek harus memliki kemampuan yang bagus dalam proses manajemen risiko. Manajer Proyek harus bertanggung jawab atas secara penuh terkait dengan implementasi perencanaan proyek yang sudah direncanakan sebelumnya. Oleh karena itu, Manajer Proyek harus diberi wewenang untuk menerapkan rencana mitigasi risiko yang ditugaskan dan dapat mendelegasikan tugas-tugas yang ada ke anggota tim.

Risk Management Plan adalah dokumen hidup yang harus diperbaharui saat sebuah proyek berjalan. Stakeholder harus bertemu secara teratur untuk mengevaluasi kembali kekritisan setiap risiko dan menentukan bagaimana strategi mitigasi telah berjalan. Frekuensi pertemuan kemajuan RMP bergantung pada jenis dan durasi proyek.

Jangan abaikan risiko

Resiko sering diabaikan, tapi tidak bijaksana jika tidak mau tau seolah-olah sebuah proyek tidak akan terpengaruh oleh tantangan. Menghadapi atau mengabaikan risiko dapat menyebabkan jadwal dan overload anggaran, kondisi tidak aman, atau beberapa tingkat kegagalan. Dengan menciptakan rencana yang layak untuk mengelola risiko yang diketahui dan melibatkan semua stakeholder melalui kepemimpinan yang masuk akal, perangkap/kesulitan sering dihindari dan kemungkinan keberhasilan meningkat pesat.