Apa saja kuliner khas kota wisata Batu?

image

Batu adalah salah satu Apa saja kuliner khas kota wisata Batu?

Kuliner Khas Kota Batu


  1. Sate Kelinci
    Makanan berupa sate daging kelinci ini merupakan kuliner yang bisa ditemukan di Kota Batu Malang. Kuliner yang merupakan olahan sate biasa berupa bumbu saus kacang pada umumnya yang mana yang menjadi pembeda adalah bahan dasarnya yang menggunakan olahan daging kelinci merupakan kuliner yang sangat lezat di mulut untuk dicicipi di Kota Batu di Malang ini. Udara Kota Batu yang sejuk dan dingin sangat cocok jika kita berwisata kuliner dengan mencicipi nikmatnya sate kelinci yang ada di daerah ini. Daging kelinci jika diolah memang terasa empuk dan enak untuk dimakan, dengan guyuran bumbu saus kacang dapat disajikan bagi para pecinta kuliner yang berburu kuliner khas Kota Batu.

  2. Sate Landak
    Sate berikut ini juga sangat unik dan bisa ditemukan di daerah Kota Batu di Malang. Sate daging landak ini memang olahan sate juga, namun menggunakan daging landak yang biasa ada di hutan sebagai bahan utamanya. Empuk dan gurihnya daging landak memang menjadi sebuah sajian tersendiri. Mungkin bisa dibilang kuliner nyentrik, karena daging yang digunakan bukanlah daging hewan yang umum yang biasa kita temukan sehari – hari.

  3. Putu
    Putu adalah kue tradisional yang ada di Indonesia. Kue putu ini juga menjadi kuliner yang bisa ditemukan di daerah Kota Batu di Malang. Kue putu ini dimasak dengan menggunakan bambu sehingga terdengar begitu melengking di telinga suara yang ditimbulkan dari bambu ini. Kue ini sangat cocok disajikan ketika hangat dan hal tersebut sangat sesuai dengan udara Kota Batu yang dingin sekali.
    Kue putu bisa menjadi sajian kuliner yang sedap dikala kita terserang hawa dingin di Kota Batu. Kue putu ini bisa menjadi penghangat badan selama kita berada di Kota Batu. Sebuah sajian kue yang memiliki rasa legit dan manis yang mampu menggoyang lidah kita.

  4. Angsle
    Angsle merupakan sajian minuman yang hamper mirip dengan Wedang Ronde.
    Di Kota Batu di Malang kita bisa menemukan minuman bernama Angsle ini sebagai sajian wisata kuliner di Kota Batu Malang. Angsle merupakan minuman dengan guyuran santan yang disajikan bersama dengan isian berupa kacang hijau, potongan roti tawar, kembang mayang, dan kacang tanah yang sudah disangrai. Minuman ini disajikan dalam bentuk minuman hangat. Cocok juga untuk menghangatkan badan jika kita kedinginan di Kota Batu. Sebuah minuman yang khas sekali dengan daerah pegunungan seperti di daerah Kota Batu.

  5. Pecel Kawi
    Pecel ini memang khas Kota Batu di Malang. Dimana dijual di Jalan Kawi sehingga namanya dinamakan sebagai Pecel Kawi khas Kota Batu. Pecel Kawi ini berbeda dengan pecel kebanyakan dalam hal rasa, karena guyuran bumbu kacangnya yang menjadikan pecel ini lebih manis, gurih, dan asin sehingga bumbu kacang yang digunakan terasa sangat spesial. Pecel ini sangat legendaris di Kota Batu. Dengan udaranya yang dingin sajian Pecel Kawi bisa menjadi sajian makanan yang sangat cocok untuk anda yang menginginkan masakan tradisional di Kota Batu.

  6. Ketan
    Ketan juga menjadi kuliner khas Kota Batu. Sajian makanan yang berbahan dasar dari ketan putih ataupun ketan hitam ini merupakan kuliner yang biasa dimakan oleh masyarakat Kota Batu. Dalam perkembangannya ketan di Kota Batu dipadukan dengan citarasa keju, coklat, dan juga susu. Sehingga pada saat sekarang ketan di Kota Batu bisa dinikmati dalam berbagai perpaduan rasa yang khas. Yang menjadi ciri khas dari ketan adalah rasanya yang manis dan bentuknya yang sangat lengket. Disinilah keistimewaan dari ketan, meski lengket namun ketan terasa sangat nikmat ketika kita memakannya.

  7. Pia Mangkok
    Pia atau kue pie ini merupakan kuliner yang bisa ditemukan di Kota Batu. Banyak orang mengataan bahwa Pia Mangkok ini rasanya mirip dengan Bakpia Pathok yang ada di Yogyakarta. Rasa yang ditawarkan oleh olahan kue Pia Mangkok ini bermacam-macam, antara lain seperti durian, keju, cokelat, dan kopi. Kue ini memang sangat enak dan nikmat untuk dicicipi. Kue Pia Mangkok ini sangat cocok dijadikan teman minum teh atau kopi hangat di kalo sore hari di Kota Batu. Rasanya yang begitu enak membuat Pia Mangkok ini banyak diburu oleh para wisatawan yang mengunjungi Kota Batu.

  8. Rujak Cingur
    Rujak Cingur merupakan makanan khas masyarakat daerah Jawa Timur, dimana Kota Batu juga memiliki kuliner Rujak Cingur ini. Rasa dari Rujak Cingur yang terkenal sangat pedas tentu merupakan tantangan tersendiri bagi para pecinta masakan pedas di Indonesia.

  9. Bakpao Boldy
    Bakpao Boldy adalah sajian kuliner khas masyarakat daerah Kota Batu di Malang dimana memang berupa olahan kue Bakpao. Kue Bakpao merupakan olahan kue tradisional China yang legendaris, di Kota Batu Malang kue Bakpao ini diberik nama Bakpao Boldy. Asal usul penamaan ini memang berasal dari tempat dijualnya kue Bakpao yang sangat enak di Kota Batu yaitu Jalan Boldy atau sekarang dikenal sebagai Jalan Mangun Sarkoro. Bakpao Boldy ini bisa menjadi kuliner favorit saat anda berkunjung ke Kota Batu.

  10. Pluntiran
    Pluntiran merupakan olahan kue khas Kota Batu di Malang. Bentuknya yang “mluntir” dalam bahasa Jawa yang berarti melintir menyebabkan olahan kue ini dinamakan Pluntiran oleh masyarakat Kota Batu. Bentuk melintir dan memanjang namun sangat enak dan nikmat untuk dicicipi dan dijadikan oleh-oleh khas Kota Batu. Banyak sekali para wisatawan yang berburu Pluntiran ini untuk dijadikan menu oleh-oleh wajib bagi mereka setelah puas berwisata di Kota Batu.

  11. Serabi Kota Batu
    Serabi di daerah Kota Batu di Malang ini berbeda dengan serabi yang ada di Kota Solo, dimana kue serabi di daerah Kota Batu ini lebih tebal teksturnya dan disajikan dengan kuah yang sangat manis. Disinilah letak perbedaan dan kekhasan Serabi Kota Batu ini. Berbeda dan cara memakannya pun wajib mencelupkan ke dalam kuahnya. Rasa manis yang begitu menggoda selera menjadi rasa dominan dari Serabi Kota Batu ini.

  12. Jagung Bakar
    Kuliner berupa olahan jagung bakar juga sangat khas dengan daerah Kota Batu di Malang ini. Udara yang dingin tentu sangat tepat jika menyantap makanan yang hangat bagi tubuh yang sedang dilanda kedinginan. Hangat jagung bakar dimana cara memasaknya pun sangat khas yaitu dibakar diatas bara arang yang panas.