Apa saja kuliner di Jakarta yang wajib dicobain?

image

Seperti yang kita tau bahwa kota Jakarta sudah menjadi “melting pot” atau tempat meleburnya budaya di Indonesia. Banyak warga dari luar daerah datang mengadu nasib dan menetap di kota ini dan berbaur dengan warga lokal. Dari sinilah muncul keanekaragaman kuliner yang berbeda-beda.

  1. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

image
Tempat ini bisa digolongkan sebagai “Street Food” atau kaki lima. Tempat ini sudah ada sejak 1985.Olahan nasi goreng kambing yang khas dengan perpaduan rempah-rempah yang kuat ini memiliki citarasa timur tengah. Acar berisi Irisan kol dan kacang tanah asam pedas menjadi pelengkap yang sejodoh menyatu di mulut dengan sempurna. Sate Kambingnya yang tidak kalah lezatnya perlu juga dicoba. Kalo dateng langsung, Agan bakal liat proses masaknya yang seru abis karena abangnya pake penggorengan super gede! Agan yang belum pernah coba bisa langsung meluncur ke jalan kebon sirih I, tepat disebrang gedung GIA ( Garuda Indonesia Airlines).

  1. Nasi Uduk Kebon Kacang

image
Nasi uduk khas Betawi ini juga sudah ada sejak 1950. Salah satu cara khas menyajikannya adalah nasi dibungkus kecil dengan daun pisang dan ditaburi bawang goreng. Nasinya ngaa lengket, ngaa keras, tapi rasanya gurih. Aroma serehnya juga masih bisa tercium. Untuk lauk sebagai pelengkap, Agan bisa pilih ayam, tahu, tempe, babat, paru, sampe pete goreng juga ada. Satu yang penting, Agan jangan ketinggalan sambel kacangnya yang ane jamin juara banget. Silahkan deh bernostalgia nasi uduk Kakek H. Suhardi di Jl. Kebon Kacang 10 No. 12, Jakarta Pusat.

  1. Gado-gado Bonbin


Masih disekitaran Jakarta Pusat, Gado-gado Bonbin ini juga sudah ada sejak 1960. Tempatnya emang ngga terlalu besar, tetapi banyak pelangganan yang setia. Bumbu asli kacang tanah yang dipertahankan membuat rasanya tetap otentik. Ngga cuman gado-gado, agan juga bisa cobain menu Mie pangsit dan asinan ditempat ini. Tempatnya masih sama di Jl. Cikini IV No. 5, Jakarta Pusat.

  1. Soto Betawi Sambung Nikmat di Pondok Pinang


Soto betawi berkuah merah ini benar-benar bikin rindu. Kuahnya yang kaya rasa, dengan campuran santan, bumbu antara lain pala, lengkuas, kayu manis, cengkeh, bawang dan cabe tentunya membuat pelanggan balik lagi. Isinya silahkan pilih dari daging sampai jeroan. Porsinya cukup besar. Jadi, kalau porsi makan Agan sedikit, lebih baik makan berdua dengan teman kulineran Agan aja. Bukan pacar juga gapapa Gan asal bisa ngabisin mah haha Alamat Soto Betawi Sambung Nikmat di Jl. Ciputat Raya No 2, Pondok Pinang, letaknya di kanan jalan kalo Agan datang dari Jl. Tol TB Simatupang.

  1. Asinan Betawi H. Mansyur Rawamangun


Makanan betawi ini sudah ada sejak tahun 1970. Agan bisa memilih asinan sayur dengan bumbu kacang atau asinan buah dengan kuah cuka cabai berwarna merah bening. Kalo mau ke sini, siapkan kesabaran Agan ya, soalnya tempat makan ini biasanya rame banget sampe luber antrinya! Tempatnya nyaman dan parkirannya luas, silahkan mampir ke Jl. Taman Kemboja III No. 10, Rawamangun.

  1. Bubur Ayam Barito

Bergeser ke Jakarta Selatan. Bubur ayam ini sudah dikenal lama oleh anak-anak Jakarta. Yang Khas dari penyajian bubur ini selain memang rasa buburnya yang enak adalah Stik rasa bawang yang ditabur di atasnya. Sensasi renyah si stik bawang bertemu tekstur bubur yang lembut rasanya kontras sekali. Bubur Ayam Barito buka dari jam 17.00 hingga 23.00, sebaiknya datang awal, karena seringkali tutup sebelum jam sebelas karena udah habis.

  1. Sop Kaki Kambing Dudung
    Dirintis sejak tahun 1975 oleh Pak Abdullah, Sop Kaki Kambing ini juga salah satu juaranya di Jakarta. Saat ini memang sudah ada 30 cabang salah satunya Jl. Fatmawati di Jakarta Selatan. Sate kambingnya juga bisa jadi menu tambahan dan nasi putih, lengkap deh pokoknya. Kalo mau ke tempat pertamanya, langsung aja meluncur ke Jl. Biak, Roxy Jakarta Pusat.

  2. Pancong Rawa Belong
    Kue khas Betawi ini terbuat dari adonan tepung, telur, dan susu, kelapa parut. Menggunakan cetakan yang khas lalu dibakar. Disajikan bisa polos begitu aja dengan gula putih. Namun pada perkembangannya, variasi topping atau taburan diatasnya ada beberapa pilihan seperti, keju, coklat, dan kacang. Jika dipanggang setengah matang rasa menjadi lebih unik. Mau coba? Silahkan mampir Ke pasar bunga Rawabelong, Jl. Sulaeman, Rawa Belong; 24 jam loh.

  3. Bakso Tenis Kumis Blok S
    Bakso Tenis Kumis ini bisa dikatakan kuliner bakso paling enak se Jakarta. Cara penyajian yang unik, dimana kita disuguhkan mangkok kosong, kemudian kita isi dengan segala pelengkapnya seledri, sambal, kecap, bawang goreng, lalu berikan pada bapak yang melayani dengan menyebut berapa jumlah bakso yang kita inginkan. Pilihannya ada bakso urat, ada juga yang polos. Kuahnya jernih tapi kaldunya sangat terasa. Makannya dengan kerupuk beras yang disediakan. Agan yang mau coba bisa datang ke satu sentra kuliner terbaik di Jakarta Selatan, di Jl. Birah III, Senopati.

  4. Pecak Gurame H. Muhayar

image
Warung makan ini sudah ada sejak 37 tahun lalu. Yang juara adalah Pecak Guramenya, dimakan dengan nasi panas dan sayur asem unik dengan potongan tempe. Ikan Gurame yang digoreng kering lalu disiram saus pedas, asam, ditambah sambal dadaknya yang pedas menggigit membuat pengalaman makan siang kita agak sedikit kalap! Penasaran? ini alamatnya Jl. Taman Margasatwa No. 8, Ragunan, Jakarta selatan.

Referesi

10 Wisata Kuliner Jakarta yang Wajib Dicoba | KASKUS