Apa saja kota terbersih di dunia?

Vienna, Austria

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki banyak sampah di mana-mana, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Yakin nggak malu untuk tetap buang sampah sembarangan? Buat kamu yang suka buang sampah sembarangan karena alasan nggak ketemu tempat sampah terdekat, yuk intip kebersihan di negara ini. Apa saja kota terbersih di dunia?

1. Vienna, Austria
Selain menjadi salah satu “Most liveable city in the world” karena lokasinya yang aman, Vienna juga menjadi salah satu kota terbersih di dunia. Salah satu yang membuat kota terlihat berantakan adalah banyaknya lukisan-lukisan tak beraturan di jalanan. Oleh karena itu, pemerintah Vienna membuat kesepakatan dengan para seniman jalana untuk nggak menggambar ataupun menempelkan poster di sepanjang gedung di Vienna. Tapi, imbalannya, mereka mendapatkan keleluasaan berekspresi di sepanjang Danube canal. Artisitik, tapi tetap terorganisir. Nggak heran, Vienna jadi salah satu kota yang paling recommended untuk ditinggali: aman dan juga bersih!

2. Zurich, Switzerland
Membosankan, tapi jadi salah satu rekomendasi kota terbaik untuk tinggal. Ya, memang. Zurich terkenal sebagai kota yang cukup sepi, sunyi, damai. Buat anak muda pasti terlihat membosankan. Tapi, karena sunyi dan sepi ini Zurich menjadi salah satu kota terbersih di dunia. Zurich terkenal dengan budaya negara yang sangat rapih dan tertata, hampir sama dengan Jepang. Bukan cuma pemerintahnya aja yang menggerakkan budaya kebersihan, tapi para penduduknya udah pada sadar akan pentingnya menjaga kebersihan kota, lho!

3. Calgary, Canada
Bagi sebagian orang, Amerika adalah “Melting pot” dan menjadi negara yang sangat multikultur dari berbagai imigran. Kalau Kanada adalah negara yang menerima berbagai perbedaan namun tetap memiliki jati diri negaranya dengan tingkat “sense of belongings” yang tinggi. Nggak heran, walaupun banyak imigran di Kanada, namun penduduknya sangat bertoleransi dan bekerja sama untuk menjaga negaranya, salah satunya dalam segi kebersihan. Selain kebersihan yang dijaga oleh para warga negaranya, Kanada juga memiliki udara yang bersih dan minim polusi. Jadi, bukan cuma bersih dari sampah, tapi bersih udara juga!

4. Oslo, Norwegia
Mirip dengan Vienna, Oslo juga dikenal sebagai kota yang sepi dan juga bersih. Ternyata, rahasinya adalah karena banyaknya tempat sampah di berbagai sudut kota untuk menghindari penduduknya membuang sampah sembarangan. Selain itu, berbagai tempat di Oslo ternyata udah tersambung dengan sistem pembuangan sampah kota otomatis yang dapat memindahkan, menggabungkan dan membakar sampah. Nah, energi pembakaran sampah tersebut digunakan menjadi energi listrik dan menghasilkan panas.

5. Kobe, Japan
Jepang bukan hanya dikenal sebagai negara yang teratur dan juga high technology, tapi, Jepang juga dikenal sebagai negara yang sangat rapih, salah satunya di Kobe. Pasalnya, sejak kecil, anak-anak di Jepang udah diajarkan budaya kebersihan. Contohnya di beberapa SD di Jepang, setelah jam makan siang, mereka kerja bakti bersama untuk membersihkan ruang makan tersebut. Mulai dari membersihkan sampah, sampai mengepel lantai. Dari situ, sekolah di Jepang berniat untuk menerapkan nilai-nilai kebersihan, tanggung jawab dan juga sense of belongings rakyat Jepang sejak dini. Nggak heran, masyarakat Jepang udah sadar banget yang namanya pentingnya kebersihan. Meski nggak ada tempat sampah terdekat, mereka rela lho mengantongi sampah mereka sendiri sampai ketemu tempat sampah.

Sumber: