Apa saja konsep yang digunakan dalam sebuah organisasi untuk mengambil keputusan manajemen ?

Menurut Terry (Syamsi, 1995) Pengambilan keputusan dapat didefinisikan sebagai pemilihan alternatif perilaku dari dua alternatif atau lebih, tindakan untuk memecahkan masalah yang dihadapi melalui pemilihan satu diantara alternatif - alternatif yang memungkinkan.

Apa saja konsep yang digunakan dalam sebuah organisasi untuk mengambil suatu keputusan manajemen?

Konsep dasar manajemen dalam mengambil suatu keputusan untuk mencapai suatu tujuannya, secara umum dibagi menjadi 3 tipe :

  1. Keputusan Tidak Terstruktur
    Keputusan ini merupakan keputusan yang tidan terjadi berulang-ulang atau tidak selalu terjadi. Keputusan ini berada pada tingkat Top Level Manajemen. Pengambilan keputusan ini bersifat tidak mudah karena informasi terdapat dari lingkungan luar , pengalamanm manajer sangat penting dalam pengambilan keputusan ini.

  2. Keputusan Setengah Terstruktur (Semi-Structure Decision)
    Merupakan keputusan yang sebagian dapat diprogram. sebagian sering terjadi dan rutin tetapi sebagian tidak terstruktur.

  3. Keputusan Terstruktur (Structured Decision)
    Adalah keputusan yang berulang-ulang dan rutin, sehingga dapat diprogram. Keputusan ini terjadi dan berada pada Low Level Management. Contohnya : keputusan pemesanan barang, keputusan penagihan piutang, dll.