Apa saja konsep dalam fotografi?

konsep dalam fotografi

Konsep fotografi adalah sebuah ide dasar yang dapat dikembangkan menjadi sebuah karya foto dan dapat menceritakan maksud serta tujuan dari sebuah foto. Apa saja konsep dalam fotografi ?

1 Like

Berikut ini konsep-konsep dalam fotografi:

1. Tempo Dulu, sempat terlintas mengambil konsep yang satu ini? Konsep tempo dulu atau masa lalu ternyata masih banyak digemari oleh para fotografer. Umumnya hasil akhir menggunakan warna hitam putih atau sephia untuk lebih mendukung suasana tempo dulu. Namun, banyak para fotografer pemula yang lupa mengikutsertakan properti. Padahal seperti masalah pakaian, properti lainnya menjadi alat pendukung dari konsep yang satu ini.

2. Imajinasi, siapa di antara kamu yang pecinta tokoh anime? Nah, jika kamu salah satu pecinta tokoh anime, kamu juga bisa kok mengusung konsep yang satu ini. Namun, sebaiknya saat akan mengambil konsep fotografi ini kamu menggunakan studio dengan bantuan artificial light dan melakukan photo editing. Maka maksimalkan imajinasi yang kamu miliki.

3. Vintage, konsep yang satu ini masih sangat menarik untuk diambil. Manfaatkan lokasi yang jarang dikunjungi orang. Kamu bisa mencari lokasi yang terkesan vintage, seperti lokasi yang bernuansa tahun ’80-an, misalnya jembatan penyeberangan yang jarang digunakan orang. Konsep yang satu ini juga harus memperhatikan outfit yang kamu kenakan. Sesuaikan konsep dengan pakaian untuk hasil yang sempurna.

4. Glamour Konsep yang satu ini mengombinasikan pencahayaan, make up, dan sentuhan brush untuk menghasilkan sebuah karya yang unik sekaligus sisi romantis, dramatis, bahkan sensual dari sebuah objek. Namun, sepertinya konsep yang satu ini belum bisa dijangkau oleh fotografer pemula. Jangan lupa untuk melakukan photo editing untuk yang satu ini, mulai dari koreksi warna, penambahan elemen, hingga memberikan sentuhan brush agar gambar terlihat lebih hidup.

5. Siluet, untuk kamu yang masih tahap pemula dalam fotografi seperti konsep yang satu ini bisa kamu lakukan. Siapkan sebuah model yang bisa melakukan pose yang menunjukkan bentuk badannya sendiri (sebaiknya bagian wajah tak perlu menghadap kamera). Dan tak usah memikirkan bagaimana kostum yang digunakan karena hal itu tak menjadi penting dalam konsep siluet.

Nah, lima konsep di atas merupakan sebagian kecil dari konsep fotografi yang bisa kamu pilih. Jika kamu memiliki ide lain, kamu bisa kok untuk melakukannya. Jangan lupa untuk terus belajar dan berlatih agar kemampuanmu semakin baik.