Apa Saja Kondisi yang Memerlukan Perawatan Saluran Akar Gigi

dentistry_poster_dentist_stylized_muscle_tooth_icon_32519

Saluran akar adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan rongga alami di tengah gigi. Ada beberapa kondisi yang mengharuskan kita untuk melakukan perawatan saluran akar gigi. Apa saja kondisinya?

Saluran akar adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan rongga alami di tengah gigi, sedangkan pulpa adalah daerah lunak di dalam gigi, yang berisi pembuluh darah, saraf dan jaringan ikat. Jika jaringan pulpa mengalami gangguan, baik akibat gigi berlubang, kebersihan mulut yang kurang, atau terjadi cedera pada gigi, maka pulpa dapat meradang dan menimbulkan nyeri. Hal ini juga bisa memicu perkembangan bakteri sehingga dapat terjadi infeksi atau abses gigi.

Adapun gejala yang meliputi dari infeksi tersebut adalah :

  • Gigi terasa sakit saat terkena makanan atau minuman
  • Gigi terasa sakit saat menggigit atau mengunyah.
  • Gigi terasa longgar/goyang.

Secara khusus, gejala dirasakan terutama saat gigi terkena makanan atau minuman dingin atau terlalu panas. Rasa sakit bisa berlanjut, meski makanan atau minuman tersebut sudah tidak dikonsumsi. Kemudian, rasa sakit bisa saja timbul sewaktu-waktu, misalnya tengah malam, dan umumnya diikuti dengan sakit kepala.

Jika Anda merasakan gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera konsultasi ke dokter gigi. Jika benar terjadi infeksi pulpa, maka kemungkinan dokter akan memutuskan perawatan saluran akar gigi, sebab kondisi itu tidak bisa sembuh dengan sendirinya.

Selain abses, jika gangguan pada saluran akar gigi tidak ditangani dengan tepat, kemungkinan juga bisa menyebabkan kerusakan tulang di sekitar ujung akar yang mengalami masalah, atau pembengkakan yang bisa meluas ke sekitar area wajah dan leher.