Apa saja komponen-komponen keintiman dalam Cinta?

Cinta

Keintiman berasal dari saling keterikatan yang kuat, sering (intens), dan beragam bentuknya. Dengan demikian maka keintiman pasangan dicirikan dengan
ikatan yang kuat dan intensitas interaksi yang tinggi dalam beragam bentuk.

Namun, tahukah kalian komponen keintiman dalam cinta?

Sternberg & Grajek (Sternberg, 2009) mengidentifikasi sepuluh komponen keintiman dalam cinta yaitu :

  • Sangat ingin meningkatkan kesejahteraan orang yang dicintai

    Seseorang yang dilanda cinta pasti ingin memerhatikan pasangannya dan berusaha meningkatkan kesejahteraannya. Seseorang mungkin saja mengorbankan diri demi meningkatkan kesejahteraan orang lain, tetapi kadang-kadang ada juga harapan yang muncul bahwa perbuatan itu akan mendapat balasan.

  • Merasakan kegembiraan dengan orang tercinta

    Seseorang yang dilanda cinta pasti ingin menikmati kebersamaan bersama dengan pasangannya. Saat melakukan banyak hal secara bersama-sama, pecinta akan menikmatinya dan membentuk kenangan-kenangan yang mungkin akan diingat pada masa-masa sulit dikemudian hari.

  • Menggenggam orang tercinta penuh rasa hormat

    Pecinta sangat memikirkan dan menghargai pasangannya. Walaupun para pecinta mengenali kekurangan dalam diri pasangannya, namun hal ini tidak akan mengurangi rasa hormat yang diberikan.

  • Mampu mengandalkan orang yang dicintai saat membutuhkan

    Para pecinta menginginkan pasangan ada di sisinya saat dibutuhkan. Ketika dirinya membutuhkan pasangannya, pecinta dapat menghampiri pasangannya dan mengharapkan bantuannya.

  • Saling memahami

    Pasangan kekasih berharap bisa saling memahami. Pasangan kekasih mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing dan bagaimana menanggapi kelebihan dan kekurangan tersebut. Mampu memberikan empati terhadap kondisi emosi pasangan.

  • Membagi diri dan harta miliknya dengan orang tercinta

    Seseorang rela memberikan diri dan waktunya, seperti juga barang-barang miliknya kepada pasangan. Para pecinta juga berbagi harta miliknya saat dibutuhkan dan yang paling penting pecinta bersedia saling berbagi diri.

  • Menerima dukungan emosional dari kekasih

    Pecinta akan merasa didukung dan dikuatkan oleh pasangannya terutama pada masa-masa sulit.

  • Memberikan dukungan emosional kepada orang yang dicintai

    Seseorang akan mendukung pasangannya dengan berempati dan memberikan dukungan emosional terutama pada saat yang dibutuhkan.

  • Berkomunikasi secara lebih intim dengan orang yang dicintai

    Seseorang dapat berkomunikasi secara mendalam dan jujur dengan orang yang dicintainya, berbagi perasaan-perasaan yang paling mendalam.

  • Menghargai orang yang dicintai

    Seseorang merasakan betapa pentingnya keberadaan sang kekasih dalam kehidupnya.

Kesepuluh hal tersebut merupakan beberapa perasaan yang mungkin dirasakan seseorang sehubungan dengan keintiman cinta. Namun untuk dapat merasakan pengalaman keintiman, tidak harus merasakan semua komponen di atas karena dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Sternbergdan Susan Grajek dibuktikan bahwa sesorang akan merasakan pengalaman keintiman jika merasakan sejumlah komponen-komponen di atas dan jumlahnya berbeda pada setiap individu. Biasanya pengalaman ini tidak dirasakan secara terpisah, namun sebagai suatu kesatuan.