Apa saja khasiat kedelai untuk kesehatan ?


Kedelai adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang kaya akan nutrisi penting. Kedelai dianggap sebagai protein lengkap karena adanya jumlah asam amino esensial. Lalu apa sajakah manfaat lain dari kedelai ini ?

1. Baik untuk Perkembangan Otak
Manfaat kacang kedelai yang pertama ialah dipercaya dapat membantu dalam perkembangan otak dan meningkatkan kualitas otak. Karena lesitin yang terkandung didalamnya dapat memberikan asupan yang baik bagi otak dan mampu mencegah penyakit pikun yang biasanya di alami saat seseorang memasuki usia 50 tahun keatas, serta diketahui dapat menjadi pencegah penyakit alzheimer.

2. Mengatasi Anemia
Anemia merupakan salah satu penyakit karena kurangnya sel darah merah pada tubuh, sehingga mengakibatkan si penderita lebih sering merasa lelah, lunglai dan letih sepanjang hari. Tentu hal ini dapat merusak konsentrasi dan menganggu hari Anda.

Nah, ternyata kacang kedelai ini merupakan salah satu makanan penambah darah yang baik karena kaya akan zat besi yang terkenal mampu membuat tubuh memproduksi sel darah merah dengan cukup.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan
Kacang kedelai diketahui memiliki manfaat dalam membantu menurunkan berat badan seseorang. Dengan kandungan yang dimilikinya manfaat kacang kedelai kali ini mampu membuat Anda merasa kenyang dengan rentang waktu yang lumayan lama namun tetap memberikan Anda asupan gizi yang cukup.

4. Mencegah Penyakit Jantung
Manfaat kacang kedelai kali ini dapat mencegah dan melawan penyakit jantung yang mungkin sedang Anda derita. Hal ini dikarenakan kacang keledai memiliki kandungan non kolesterol dan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

5. Mencegah Tuli Pada Telinga Manusia
Tuli adalah kondisi dimana seseorang memiliki kesusahan dalam mendengarkan suara di sekitarnya. Biasanya indera pendengaran akan mulai berkurang fungsinya saat seseorang mencapai usia 60 keatas.

Nah, bagi anda yang ingin tetap memiliki indera pendengaran yang tajam, maka anda dapat mencobanya dengan mulai mengonsumsi kacang kedelai secara berkala. Manfaat kacang kedelai ini di percaya di dalam masyarakat karena mengandung zink dan zat besi yang dapat memperluas kapiler dan memasok darah ke telinga manusia.

Sumber : Manfaat kedelai - manjadda.com