Apa saja kewajiban ketika bekerja sebagai seorang manajer pemasaran?


Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).

Hal-hal yang harus dilakukan ketika bekerja sebagai seorang Manajer Pemasaran adalah :

1. Dapat mengembangkan dan mengimplementasikan “Pricing Strategies”
Ketika bekerja pada bidang manajemen pemasaran, seorang manajer pemasaran harus dapat membuat keputusan dengan cepat bagaimana mengembangkan dan mengimplementasikan pricing strategies sesuai dengan kebutuhan klien. Dalam hal ini dapat dipelajari tipe customer seperti apa yang sedang dihadapi dan hal apa yang ingin didapatkan atau digunakan oleh customer yang dapat dilakukan dengan cara melakukan survey maupun wawancara langsung kepada customer. Kemudian dilakukan analisis terhadap data tersebut seperti mempertimbangkan harga yang digunakan oleh pesaing untuk barang/jasa, analisis pasar untuk membandingkan harga tertinggi dengan harga terendah, dan reratanya, tingkat suku bunga dapat menurunkan risiko terhadap kualitas pelayanan, dan lain-lain dengan tujuan untuk mendapatkan pricing strategies yang tepat dalam meningkatkan profit perusahaan dengan tetap memperhatikan loyalitas customers.

2. Dapat membuat strategi “Marketing Plan”
Sebuah perusahaan dapat memiliki marketing plan yang kuat jika dapat memotivasi karyawan mereka, dapat mengarahkan menuju kesuksesan, dan dapat menjelaskan secara jelas bagaimana cara mengimplementasikan strategi marketing tersebut. Marketing Plan yang kuat dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu dapat menilai situasi perusahaan ataupun client saat ini baik dari segi sumber daya, peluang, ancaman, kekuatan, kelemahan, dan keuangan, kemudian dapat menjelaskan visi, misi, tujuan bisnis, tujuan pemasaran secara jelas kepada target pasar atau customer, dapat menentukan batasan, dan tolok ukur keberhasilan.

3. Dapat mengkoordinasi “Marketing Policies”
Untuk dapat mencapai kesuksesan maka perlu dilakukan tim marketing untuk bekerja sama dengan Salesforce untuk memastikan bahwa layanan dan proses dilakukan dengan efisien disemua tingkat, kemudian memastikan bahwa Salesforce mengetahui bagaimana produk tersebut dipasarkan dan dengan cara yang sama departemen marketing memahami tantangan apa yang sedang dihadapi oleh Salesforce, memahami kebutuhan pasar dengan pendekatan kolaboratif antar departemen agar dapat memenuhi ekspetasi, dan karyawan menyadari tanggung jawab dan deadline yang sedang dihadapi serta bekerja sama untuk menemukan strategi yang dapat memberikan manfaat dan keuntungan.

Reference

How to Become a Marketing Manager (with Pictures) - wikiHow Life