Apa saja Keuntungan penggunaan SWOT Analysis terhadap proses Identifikasi Risiko?

manajemen_risiko
identifikasi_risiko

(BastiaraCorp) #1

       Beberapa hari yang lalu saya cukup di pusingkan dengan pembuatan SWOT Analysis untuk mengidentifikasi risiko terhadap suatu proyek.Saya ingin bertanya,sebenarnya apa saja keuntungan-keuntungan yang didapat dengan menggunakan SWOT Analysis(Strengths, Weaknesses,Opportunities dan Threats) dalam proses pengidentifikasian risiko?


(Istighfarin Bahtiar Amry) #2

       Tentu dalam pengidentifikasian risiko kita diharuskan untuk memahami seluk beluk mengenai project yang sedang kita lakukan.Dengan adanya SWOT Analysis kita dapat mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). SWOT akan lebih baik dibahas dengan menggunakan tabel yang dibuat dalam kertas besar, sehingga dapat dianalisis dengan baik hubungan dari setiap aspek.

       Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, di mana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

       Berikut merupakan keuntungan-keuntungan yang diperoleh dengan menerapkan metode SWOT analysis sebagai metode untuk mengidentifikasi risiko dalam suatu project,yakni :

1. Cost-effective(Hemat Biaya)

Anda tidak memerlukan pelatihan ekstensif atau bentuk keterampilan teknis apa pun untuk melakukan analisis SWOT. Selain itu, Anda tidak memerlukan konsultan eksternal. Yang Anda butuhkan adalah anggota staf yang memiliki pengetahuan bisnis sebelumnya.

2. Wide Range of Applications(Aplikasi yang Luas)

Analisis SWOT dapat digunakan untuk melakukan analisis kompetitif, perencanaan strategis atau studi lainnya. Hal ini karena, melalui analisis SWOT, sebuah bisnis dapat mengidentifikasi faktor lingkungan yang memainkan peran yang menguntungkan atau tidak menguntungkan dalam tujuan tertentu.

3. Promotes Discussion(Dapat Mempromosikan Diskusi)

Analisis SWOT mempromosikan diskusi.Maksudnya adalah penting bahwa Anda memiliki karyawan dengan pandangan yang sama. Setiap karyawan memainkan peran penting dalam menggerakkan suatu organisasi menuju kesuksesan. Membahas kekuatan dan kelemahan inti perusahaan membantu mengidentifikasi ancaman dan pemanfaatkan peluang.

4. Provides Visual Overview(Memberikan Tinjauan Visual)

Analisis SWOT biasanya disajikan dalam bentuk persegi dengan empat kuadran, setiap kuadran mewakili satu faktor. Pengaturan visual ini memberikan gambaran singkat tentang posisi perusahaan dan mendorong terjadinya dialog. Meskipun setiap kuadran mungkin tidak sama pentingnya, dengan ini dapat membantu organisasi menentukan keberhasilan dan kemajuannya, serta mengurangi kelemahan mereka.

5. Offers Insight(Menawarkan Wawasan)

SWOT dapat digunakan untuk mendapatkan wawasan tentang pasar, memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang pesaing Anda. Ini memberi Anda kesempatan untuk menyusun rencana untuk menciptakan posisi yang koheren dan kompetitif di pasar,Yang nantinya bermanfaat untuk mengidentifikasi yang muncul terhadap pemasaran suatu produk.

6. Fosters Collaboration

Analisis SWOT menumbuhkan kolaborasi dan mendorong pertukaran informasi terbuka antara berbagai bidang fungsional di sebuah perusahaan yang tidak akan berkolaborasi atau berinteraksi banyak. Ini menguntungkan perusahaan ketika para analis memahami apa yang diketahui, dirasakan, dirasakan dan dilakukan oleh rekan-rekan mereka. Hal ini memungkinkan analis untuk memecahkan masalah, menghilangkan perselisihan dan menumbuhkan lingkungan kerja yang lebih baik.

       Itulah beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dengan penggunaan metode SWOT Analysis sebagai alat untuk melakukan identifikasi Risiko.Dengan pengunaan SWOT ini dapat memeberikan sebuah keuntungan untuk mengenal lebih dalam mengenai proyek dan organisasi yang sedang kita geluti sekarang.

Referensi :