Apa saja keunikan Danau Linow yang kamu ketahui ?

Kata Linow konon berasal dari bahasa Minahasa yaitu lilinowan. Artinya tempat berkumpulnya air. Lokasi danau Linow sendiri secara administratif terletak di kota Tomohon, meski begitu lokasi tepatnya berada di dekat ruas jalan Tomohon-Kawangkoan, Kelurahan Lahendong, Kecamatan Tomohon Selatan. Apa saja keunikan Danau Linow yang kamu ketahui ?

Tempat wisata Danau Linow bisa dikatakan tempat wisata ajaib, dikarenakan danau ini bisa berubah-ubah warna airnya, untuk danau 3 warna kita telah mengenal danau kelimutu. Sebuah danau yang memiliki 3 warna dan telah menjadi salah satu pusat tempat wisata di Nusa Tenggara Timur. Namun jangan salah Danau linow ini sendiri juga memiliki hal yang sama, danau ini sendiri memiliki 3 warna utama yaitu hijau, biru toska, dan coklat susu.

Dalam waktu-waktu tertentu kita bisa melihat ketiga warna tersebut muncul bersamaan. Namun kebanyakan bisanya hanya 2 warna saja yang muncul bersama-sama. Keindahan danau linow sendiri tak kilah jika dibandingkan dengan Danau Toba, Danau Sentani, Danau Batur Kintamani. Jika kita berkunjung ke danau ini maka kita akan disambut oleh pemandangan alam yang sangat cantik dan menarik. Suasana alamnya yang sungguh indah dengan udara yang sangat sejuk dan nyaman. Danau linow sendiri bisa dikatakan cukup dekat dari kota Manado. Kita hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan saja untuk mencapai lokasi danau yang indah ini.

Sumber:

image

Danau Linow merupakan danau yang sangat cantik, dengan keindahan 3 warna. Jika kita sampai di tempat ini, maka Anda akan menghiru aroma teur busuk yang begitu menyengat indra penciuman Anda. Aroma menyengat ini berasal dari bau belerang yang tersebar di sekitar danau. Menurut masyarakat sekitar, konon belerang ini merupakan sisa letusan Gunung Mahawu yang telah terjadi ratusan tahun yang lalu.

Linow berarti tempat berkumpulnya air. Kata ini diambil dari bahasa Minahasa yakni lilinowan. Di danau ini Anda dapat melihat air yang sewaktu-waktu dapat berubah warna menjadi warna hijau, biru, maupun kuning kecoklatan. Perubahan warna air ini terjadi karena adanya unsur belerang yang tertimbun di dalam permukaan danau yang di akibatkan adanya pantulan cahaya matahari. Hal inilah yang menyebabkan warn air di Danau Linow dapat berubah sewaktu-waktu. Jika Anda berada di Manado, dan ingin menunjungi tempat ini. Anda memerlukan waktu sekitar 50 menit.

image

Hanya sedikit orang yang mengetahui tempat ini, padahal Danau Linow ini memiliki keindahan yang dapat memanjakan mata. Danau Linow ini menjadi salah satu tempat wisata menarik yang ada di Sulawesi Utara. Danau ini memiliki magnet tersendiri untuk pengunjungnya. Berkeliling di tepi danau menjadi aktivitas yang dapat Anda lakukan. Namun jangan sampai Anda coba-coba untuk berenang di Danau Linow ini, karena kandungan belerang yang tinggi dapat berakibat fatal jika tubuh Anda terluka. Mengunjungi Danau Linow ini menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan. Jangan lupa mengabadikan moment indah yang mungkin tidak terlupakan di tempat ini menggunakan kamera Anda.