Apa saja kemungkinan kesalahan yang terjadi dalam perencanaan manajemen risiko ?

Dalam merencana sebuah manajemen risiko pasti akan dihadapkan oleh beberapa tantangan maupun halangan. Maksudnya disini adalah perencanaan risiko pasti akan memiliki kemungkinan kesalahan strategi ketika menerapkan manajemen risiko tersebut. Lalu, apa saja kemungkinan kesalahan yang terjadi dalam perencanaan manajemen risiko ?

Ketika sebuah perusahaan merancang sebuah manajemen risiko, pastinya sudah dilakukan perencanaan yang matang dengan melihat risiko-risiko yang mungkin terjadi kemudian dibuat mitigasinya. namun selama ini ternyata masih terdapat beberapa kesalahan yang terjadi dalam mitgasi risiko tersebut sehingga mitigasi yang sudah direncanakan gagal. Berikut ada beberapa kemungkinan kesalahan yang terjadi dari perencanaan manajemen risiko :

  • Tidak mengikuti aturan
    Dalam hal ini ketika perusahaan melakukan perencanaan dalam manajemen risiko, perlu adanya kepatuhan dari aturan-aturan yang ada karena jika rencana yang sudah dibuat menyalahi aturan, maka ada kemungkinan terjadi kesalahan terjadi di dalam perencanaan tersebut

  • Menggunakan konsep yang tidak jelas
    Ketika perencaan menggunakan konsep yang tidak jelas, maka proses perencaan manajemen risiko tersebut akan memiliki titik keabu-abuan. Maksudnya disini terjadi kebingungan bagaimana migitasi tersebut bisa di rencanakan

  • Memulai dengan tidak jelas
    Ketika kita memulai merencanakan suatu manajemen risiko, maka disini perlu memulainya dengan tujuan yang jelas. Maksudnya disini adalah kita harus menyiapakan perncanaan dari manajemen risiko yang dibuat. ketika memulai dengan tidak jelas, maka ada kemungkinan kesalahan terjadi di dalam perencanaan migitasi risiko.

Sumber :