Apa saja kelebihan dan kekurangan menggunakan survei kuesioner untuk mengetahui kebutuhan pengguna ?

survey_kepuasan_pelanggan
Pada saat ini sangat penting sebelum mengeluarkan sebuah produk untuk mengetahui kemauan pasar yang ada. Salah satu cara untuk mengetahui kemauan pasar yaitu dengan mengetahui kebutuhan pengguna yang ada saat ini. Untuk mengetahui kebutuhan pengguna, kita bisa menggunakan pendekatan Survei Kuesioner untuk mengambil datanya. Dengan pendekatan Survei Kuesioner apa saja sih kelebihan dan kekurangan nya?

Survei umumnya terstandar untuk memastikan reliabilitas dan validitas. Standardisasi ini menjadi penting sehingga hasilnya dapat digeneralisasikan untuk populasi yang lebih besar.
Kelebihan dari menggunakan Survei Kuesioner yaitu :

  • Relatif murah, dikarenakan sekarang bisa menyebarkan kuesioner secara online, contoh nya dengan menggunakan Google Kuesioner.
  • Deskripsi populasi besar. Tidak ada metode lain memiliki kemampuan ini.
  • Menjangkau lokasi terpencil dengan menggunakan surat, email atau telepon.
  • Sampel sangat besar memberi hasil signifikan secara statistik bahkan ketika menganalisis beberapa variabel.
  • Banyak pertanyaan diterapkan mengenai suatu topik sehingga memiliki fleksibilitas tinggi.
  • Pertanyaan standar membuat pengukuran lebih tepat.
  • Memiliki kemampuan tinggi dalam mengeliminasi subjektivitas peneliti.

Walaupun begitu Suvei Kuesioner memiliki beberapa kekurangan yaitu :

  • Standarisasi metodologi memaksa peneliti merancang pertanyaan umum sehingga menghapus keunikan tiap responden.
  • Survei yang fleksibel membutuhkan desain administrasi stabil sepanjang pengumpulan data.
  • Peneliti harus memastikan bahwa sejumlah besar sampel memberikan respon (bebas respon bias).
  • Mungkin sulit bagi responden mengingat informasi atau mengatakan kebenaran tentang pertanyaan kontroversial.
  • Berbeda dengan direct observation, pengambilan data dengan survei sulit mengontrol “konteks”, bisa saja pengguna menjawab keluar dari konteks yang kita inginkan.

Setelah jumlah dari Survei sudah memenuhi target yang dinginkan, tahap selanjutnya yaitu menyimpulkan hasil data yang sudah dikumpulkan untuk dijadikan sebagai data kebutuhan pelanggan secara general atau umum.

Referensi :