Apa saja kelebihan dan kekurangan dari memelihara anjing ?

anjing

(Ulan) #1

image

Hewan peliharaan jenis apapun itu memiliki kelebihan dan kekurangan, Apa kelebihan dan kekurangan memelihara anjing sebagai hewan peliharaan ?


(Sri Wulandari N) #2

Kelebihan memelihara anjing jenis pitbull untuk dijadikan hewan peliharaan antara lain :

  • Hubungan emosional antara anjing dan manusia
    Hubungan antara anjing dan manusia bersifat timbal balik. Jika Anda memberi perhatian yang layak bagi anjing Anda seperti merawat dan mengelusnya, maka anjing akan merasa lebih tenang dan dekat berada dekat majikannya. Bagi manusia, kehadiran anjing akan memberi perasaan senang dan nyaman karena merasa ada yang membutuhkan manusia. Itu sebabnya anjing dapat menjadi teman terbaik manusia

  • Perlindungan untuk manusia.
    Anjing dapat memberi rasa aman pada majikannya. Kebiasaan anjing untuk menggonggong siapapun yang asing, dapat menjadi perangkat pengamanan alami bagi rumah Anda. Bahkan pemilik anjing merasa aman jika berada di dekat anjing mereka karena anjing akan menyerang siapapun yang terlihat mengancam majikannya. Selain itu, naluri anjing yang bisa mengetahui bencana alam jauh sebelumnya juga menjadi keuntungan tersendiri jika tinggal di daerah yang sering terjadi bencana.

  • Bantuan
    Anjing akan senang menjadi penolong bagi majikannya. Misalnya anjing yang menjadi penuntun orang buta. Atau anjing yang menjadi pembantu pemadam kebakaran. Selain itu, anjing juga dapat menjadi bagian tim khusus pertolongan bencana alam. Anjing juga dapat membantu petugas kepolisian mencari barang tertentu. Banyak bantuan yang diberikan oleh seekor anjing bagi majikannya bahkan pada situasi yang sulit.

Meski ada banyak keuntungan memelihara anjing, namun ada juga kerugian memelihara anjing. Apa saja kerugian yang harus Anda tanggung dengan kehadiran seekor anjing di rumah Anda? Berikut ini beberapa kerugian memelihara anjing:

  • Tanggung jawab bertambah
    Memelihara anjing berarti menambah tanggung jawab Anda, seperti memberi makan, minum, memandikan dan menyediakan tempat tinggal untuknya. Lalu Anda juga harus menyisihkan waktu Anda untuk mengajak jalan atau berolahraga dengan anjing kesayangan Anda. Dan masih banyak kebutuhan sehari-hari yang harus dilakukan pemilik anjing.

  • Masalah kebersihan dan kesehatan
    Dengan memiliki seekor anjing, Anda harus bersiap-siap untuk membersihkan rumah dan anjing Anda dari kutu anjing, bulu anjing, kotoran, dan juga harus lebih sering membersihkan rumah. Selain itu, beberapa penyakit pada anjing juga bisa menjadi masalah tersendiri misalnya rabies.

  • Biaya
    Untuk memelihara seekor anjing juga membutuhkan biaya tambahan. Apalagi jika Anda harus menyediakan makanan khusus anjing, perawatan bulu, maupun biaya ke dokter hewan. Usia anjing rata-rata antara 12 hingga 15 tahun, maka Anda harus mempersiapkan biaya untuk jangka waktu tersebut jika ingin memelihara anjing.

  • Menimbulkan masalah dan kasus
    Jika pemilik anjing tidak terlalu memperhatikan anjingnya, maka bisa saja anjing tersebut menyerang orang lain sehingga akan menimbulkan masalah bahkan tuntutan hukum.


(amrta ageng subarkah) #3

Anjing adalah sahabat terbaik manusia. Di samping memberikan dukungan sosial, anjing juga bisa bikin kita lebih sehat dan langsing. Berikut ini enam alasan kenapa kita harus punya anjing.

  1. Dukungan Sosial
    Penelitian membuktikan memiliki hewan peliharaan dapat mendongkrak rasa percaya diri dan memelihara rasa kepemilikan, terutama setelah mengalami sejenis penolakan. Proposal baru saja ditolak atau kencan tak berjalan lancar? Sediakan waktu bercengkrama bersama si kaki empat sepulang kerja.

  2. Menghilangkan stres
    Hanya dengan mengelus-elus si anjing terbukti mengurangi rasa cemas dan meningkatkan rasa tenang. Faktanya, Harvard Medical School membawa anjing terapi yang sudah teregistrasi ke kantor-kantor untuk membantu menicptakan lingkungan kerja yang lebih menyenangkan bagi para karyawan.

  3. Bikin anak jadi lebih bertanggung jawab
    Merawat hewan peliharaan berarti memikirkan hal selain diri kita sendiri. Riset juga membuktikan anak yang merasakan kedekatan dengan hewannya, melaporkan perasaan lebih dekat dengan komunitas dan orang-orang terdekatnya. Jadi, pertimbangkan untuk mengadopsi anjing ketika anak minta dibelikan.

  4. Mengurangi alergi
    Mungkin ada juga yang alergi dengan bulu hewan. Tetapi menurut National Academy of Sciences, anak yang tumbuh bersama hewan peliharaan (dan kemudian terpapar zat penyebab alergi yang umum) memiliki risiko lebih rendah terkena asma dan alergi debu. Tentu saja lebih rendah alergi hewan lain.

  5. Mendorong untuk lebih aktif bergerak
    Orang yang punya hewan peliharaan cenderung lebih banyak bergerak. Selain mengajak anjing yang butuh juga jalan-jalan, pemilik anjing memang secara umum memang lebih senang bergerak.

  6. Menua lebih sehat
    Riset membuktikan, bahwa segala kedekatan yang diberikan anjing menyediakan perhatian terus menerus yang dibutuhkan untuk mengurangi rasa kesendirian dan menemukan tujuan hidup baru orang yang sudah pensiun. Anjing juga membuat pemiliknya yang sudah lanjut usia tetap aktif bergerak.

Selain itu, studi menunjukan bahwa memelihara anjing dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda.

Sistem kekebalan tubuh Anda sangat penting, Anda sudah tahu bagaimana sistem kekebalan tubuh melawan infeksi, membantu Anda hidup lebih lama dan melindungi Anda dari penyakit. Bagaimana anjing anda bisa membantu anda untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda?

Kita tahu anjing membuat kita merasa lebih baik secara emosional, adalah mungkin bahwa ada penjelasan yang lebih biologi tentang hal ini. Anda akan sangat tertarik dalam hal ini dan berbagi dengan semua orang tentang manfaat dari memelihara anjing.

Orang yang memiliki anjing menjadi lebih bahagia, stres berkurang, kecemasan berkurang, merasa disayang, merasa diperlukan, dan merasa dihargai. Kecenderungan terserang penyakit jantung pun juga berkurang karena orang yang memelihara anjing akan lebih banyak beraktifitas.

Menjadi bahagia, dicintai, dihargai dan dibutuhkan dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda sehingga anda akan hidup lebih sehat.