Apa saja kekurangan dari tato alis?

Tahukah Anda bahwa tato alis adalah salah satu tren kecantikan terbaru yang sedang digandrungi oleh banyak wanita dari segala kalangan dan usia belakangan ini? Tren makeup permanen, seperti tato alis, tampak seperti ide yang baik dan menghemat waktu.

  1. Satu kali kesempatan saja
    Kelemahan utama alis tato adalah Anda mungkin akan terjebak dengan apa yang Anda dapatkan — dan mungkin tidak disukai — pada percobaan pertama. Artinya, begitu Anda mendapat tato alis, sangat sedikit upaya yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan ‘tragedi’ yang mungkin terjadi.
    Seberapa permanen hasil tato alis? Hal ini akan tergantung pada setiap orang. Beberapa orang dapat memerlukan prosedur touch-up setelah setahun, sementara yang lainnya akan memiliki sepasang tato alis selamanya. Hal ini dapat menguntungkan jika Anda benar-benar jatuh hati pada desain dan warna baru tato Anda.
    Seiring waktu, pada kasus tertentu, beberapa warna dapat bermigrasi dalam kulit, dan hasilnya bisa sangat menyeramkan. Hal ini paling mungkin terjadi saat seorang praktisi tato alis menggunakan tinta hitam India (yang seharusnya tidak boleh digunakan dalam proses mikropigmentasi) untuk proses pewarnaannya. Pigmentasi tinta hitam India memiliki ukuran partikel sangat kecil, sehingga hampir seperti melunturi kulit. Sementara itu, pigmen oksida besi tidak bereaksi secara metabolik. Hanya ada sejumlah kecil yang dapat bermigrasi dengan oksida besi.

  2. Tren yang selalu berubah
    Alis indah lebat adalah tren yang diunggulkan beberapa waktu belakangan ini. Lebih dari satu dekade lalu, alis yang simetris adalah kiblat fashion dunia, kemudian berubah menjadi alis tipis mencuat tinggi, yang sampai saat ini tergantikan oleh alis tebal seperti tidak terawat. Perubahan mode dan bentuk alis yang tidak dapat diduga dapat membuat alis permanen Anda ketinggalan zaman di lain waktu.
    Selain faktor mode, kulit Anda pun akan mengalami perubahan signifikan seiring bertambahnya usia. Kulit kencang dan lembut yang Anda miliki di usia 20-30 tahunan tidak akan sama saat Anda berusia 50 tahun nanti. Ini adalah satu hal yang harus anda pertimbangkan masak-masak sebelum Anda membulatkan tekad menato alis Anda. Kulit di pertengahan usia akan mulai melorot, yang dapat mengubah penampilan alis permanen Anda.

  3. Infeksi dan efek samping lainnya
    Seorang teknisi tato alis yang handal harus mampu menggunakan anestesi secara tepat untuk benar-benar memblokir rasa sakit — terutama saat bekerja di dekat daerah berisiko, seperti bibir dan mata, dimana satu gerakan keliru dapat berakibat fatal. Peralatan tato, termasuk jarum, yang tidak steril juga dapat menularkan penyakit, seperti HIV/AIDS dan hepatitis.

Sumber: