Apa saja kekurangan atau kelemahan dari jaringan komputer?

jaringan_komputer

(act11) #1

Semua sistem selain memiliki kelebihan pasti juga memiliki kekurangan. Begitu pula pada jaringan komputer. Kelemahan atau kekurangan tersebutlah yang dapat dijadikan motivasi untuk terus mengembangkan dan memperbaiki jaringan yang ada. Lalu apa saja kekurangan atau kelemahan pada jaringan komputer?


(Indrihana K. L.) #2

Meskipun manfaat dari jaringan komputer sangat terasa di kehidupan sehari-hari. Namun sebenarnya jaringan komputer juga memiliki banyak kekurangan. Untuk itu berikut ulasan kelemahan atau kekurangan dari jaringan komputer.

  1. Biaya yang Mahal
    Untuk membuat sebuah jaringan komputer membutuhkan biaya yang tak sedikit. Pasalnya sebuah perusahaan harus merekrut ahli dalam bidangnya untuk mendesain dan membuatnya. Di tambah lagi dengan perawatan alat-alat yang juga memakan biaya. Jadi meskipun manfaatnya sangat besar, namun kekurangan inilah yang menjadi kendala tersendiri bagi sebuah perusahaan untuk membangun jaringan komputer sendiri.

  2. Isu Keamanan
    Jaringan komputer artinya adanya interaksi antar komputer seperti bertukar data atau informasi. Hal inilah yang sangat beresiko. Apabila satu komputer terserang virus atau dibajak, maka tidak menutup kemungkinan komputer-komputer lain akan terkena imbasnya. Atau bisa juga melalui satu komputer, data-data yang tersimpan dari komputer lain akan ikut diambil.

  3. Small Issues Cause Big Problem
    Komputer-komputer yang saling berhubungan dapat saling mempengaruhi kinerja masing-masing. Misalnya jika satu komputer tiba-tiba mati, maka kinerja dari komputer lain akan ikut down atau bahkan akan mati.

  4. Tidak Bebas
    Semua kegiatan atau aktivitas komputer pada jaringan akan termonitor dan terekam. Sehingga jika seseorang melakukan tindakan yang tak seharusnya akan mudah sekali terlihat. Untuk itu pengguna harus bijak dalam menggunakannya.

Referensi :
https://navajocodetalkers.org/9-advantages-and-disadvantages-of-computer-networking/