Apa saja kegunaan sistem informasi?

Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan. Apa sajakah kegunaan sistem informasi?

Kepentingan sistem informasi di organisasi


Kegunaan / manfaat utama suatu sistem informasi dapat didiskusikan sebagai berikut:

  1. Kepentingan ekonomi:
    Walaupun harga dari instalasi dan pemeliharaan dari sebuah sistem informasia cukup tinggi pada awalnya, namun pada waktunya biaya turun dan nampak adil ketika dibandingkan dengan macam-macam keuntungan yang dinikmati dengan bantuan sistem informasi. Sistem informasi menggunakan jaringan, yang membantu organisasi mengurangi biaya transaksi, dengan membuatnya bermanfaat bagi organisasi untuk mengontrak pemasok eksternal daripada menggunakan sumber daya internal.

  2. Sistem informasi meningkatkan kinerja:
    Sistem Informasi dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses secara keseluruhan. Sistem informasi mempercepat proses dan mengurangi waktu dengan menghapus langkah-langkah yang tak bernilai. Sebagai contoh, Citibank mengembangkan Automatic Teller Machines dan Kartu Debit Bank pada tahun 1977 (Laudon and Laudon 9th Ed.). Mesin tersebut membuat transaksi keuangan mudah dan merupakan sukses besar. Setelahnya, bank terus berinovasi dan hari ini, dengan bantuan sistem informasi yang andal dan aman dari TEMENOS, Infosys, Oracle dll, sebagian besar pelanggan dapat melakukan sebagian besar transaksi dari komputer di rumah mereka atau bahkan dari telepon seluler. Selain itu, sistem informasi memberikan informasi real time yang mengurangi cakupan kesalahan, sehingga meningkatkan kualitas output dari proses.

  3. Kepentingan dalam hal membuat keputusan:
    Sistem Informasi menyediakan alat bagi manajer yang memungkinkan mereka untuk memantau, merencanakan, dan memperkirakan dengan lebih presisi dan kecepatan daripada sebelumnya. Mereka juga memungkinkan manajer merespons lebih cepat dan beradaptasi dengan cepat ke lingkungan bisnis yang cepat berubah. The Decision Support Systems (DSS) dapat secara signifikan memperbaiki hasil baik pada bidang kuantitatif maupun kualitatif.

  4. Perubahan perilaku organisasi:
    Penelitian perilaku menggambarkan bahwa sistem informasi memfasilitasi perataan hierarki dengan memperluas distribusi informasi untuk memberdayakan karyawan tingkat rendah. Ini mendorong hak pengambilan keputusan ke tingkat yang lebih rendah dalam organisasi karena karyawan tingkat rendah menerima informasi yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan, sehingga menghilangkan kebutuhan manajer menengah (Laudon dan Laudon 9th Ed.). Hal ini juga menyebabkan pengurangan biaya administrasi organisasi.

source

https://www.ukessays.com/essays/information-systems/the-importance-of-information-systems.php

Berikut adalah beberapa kegunaan sistem informasi dalam bisnis.

1. Keunggulan Operasional
Bisnis dapat terus meningkatkan efisiensi operasi mereka untuk mencapai profitabilitas yang lebih tinggi. Mereka dapat melakukan ini dengan cara terus-menerus mempunyai jumlah persediaan yang benar sehingga konsumen selalu mendapatkan keinginan yang mereka inginkan.

2. Produk Layanan Baru dan Model Bisnis
Sistem informasi memainkan peran utama dalam bisnis untuk menciptakan produk dan layanan terbaru. Model bisnis baru bisa dibuat dan bisa menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan memproduksi, membuat, dan menjual produk.

3. Keintiman Pelanggan dan Pemasok
Dengan pelayanan yang baik dari sebuah perusahaan, konsumen akan kembali berbisnis dengan perusahaan tersebut dan akibatnya mereka akan membeli pemasok, sehingga menciptakan hubungan yang baik antara kedua belah pihak.

4. Peningkatan Pengambilan Keputusan
Sistem Informasi memungkinkan manajer untuk menggunakan data real time saat membuat keputusan, sehingga mengakibatkan membuat keputusan yang lebih baik dan tidak perlu membuang waktu untuk mencari informasi.

5. Keunggulan Kompetitif
Jika perusahaan menggunakan sistem informasi secara benar, mereka akan menciptakan keunggulan kompetitif dibandingkan pesaing mereka

6. Kelangsungan Hidup
Berinvestasi bisnis pada sistem ini akan membuat pekerjaan pebisnis lebih mudah. Contohnya seperti Citibank memperkenalkan mesin ATM pertama agar memudahkan nasabah untuk mengakses uang mereka dan mengurangi antrian di bank mereka.