Apa saja kegiatan yang dilakukan product manager dalam pekerjaanya?

Manajer produk memilki berbagai tugas dan tanggung jawab, melakukan berbagai kegiatan dan tugas dalam proses pembuatan produk

Manajer Produk bertanggung jawab atas kesuksesan sebuah produk dan memimpin keseluruhan tim untuk mengembangkan produk. Manajer Produk menyusun strategi, roadmap, dan fitur-fitur dari produk. Sebagai seorang manajer produk, hal-hal yang dilakukan dalam pekerjaan dapat bersifat multifungsi. Seorang manager mempunyai peran multifungsi dalam sebuah tim, dimana manajer tersebut harus bisa mengisi tiap-tiap kekurangan dalam sebuah tim. Tugas utama manajer produk, yaitu mengurus segala sesuatu agar bisa menghasilkan produk yang baik. Pilar-pilar utama yang dilakukan oleh manajer produk yaitu strategi, proses eksekusi, dan kepemimpinan.

Seorang manajer produk memiliki peran dalam mengatur strategi dalam menghasilkan produk. Dari sekian banyak ide yang ada, manajer harus bisa mengembangkan kerangka kerja yang membantu manajer tersebut dalam menggunakan ide-ide untuk mencapai tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Dalam mengembangkan strategi, pola piker manajer harus menyeimbangkan hal-hal seperti visi, tujuan, dan insiatif, dibarengi dengan keadaan sumberdaya yang dimiliki, serta feedback dari pelanggan. Yang utama dari sekian banyak tugas yang harus dilakukan adalah memahami apa yang dibutuhkan oleh pelanggan, mengetahui target perusahaan, serta menyeimbangkan kedua hal tersebut dengan sumber daya yang dimiliki.

Dalam membuat produk, manajer juga bertugas untuk memastikan fitur-fitur yang ada di produk secara benar. Fitur tersebut diuji terlebih dahulu, kemudian jika ada kesalahan diperbaiki hingga menghasilkan produk yang baik. Saat proses eksekusi produk, manajer harus bisa memimpin tim dengan baik sehingga menghasilkan effort dan kerjasama tim yang baik pula. Manajer harus bisa terus bangkit dan belajar dari kesalahan yang ada, untuk menghasilkan produk yang terbaik.

Kepemimpinan adalah hal yang harus dikuasai dan menjadi tugas seorang manajer produk yang baik. Dalam pekerjaan sehari-hari, manajer harus memiliki skill komunikasi dan negosiasi yang baik. Manajer harus memiliki visi yang jelas dan tegas untuk menunjukkan kepemimpinan dalam tim. Kepemimpinan yang baik akan menghasilkan komunikasi yang baik dengan semua anggota tim, sehingga memiliki visi dan tujuan yang sama untuk menghasilkan produk yang terbaik.

Referensi:
https://www.aha.io/roadmapping/guide/product-management/what-does-a-product-manager-do-each-day