Apa saja kegiatan di dalam Human Resource Planning?


(Naila Nazar) #1

Terdapat kegiatan di dalam Human Resource Planning.


(Putri Rizki Utami) #2

Terdapat 2 kegiatan dalam Human Resource Planning, yaitu:

  1. Penyusunan Anggaran Sumber Daya Manusia (Man Power Budgeting)
    Merupakan kegiatan memadukan jumlah tenaga kerja yang tersedia dengan jumlah tenaga kerja yang diperlukan. Tujuannya, untuk mendapat gambaran mengenai kebutuhan tenaga kerja. Penyusunan anggaran tenaga kerja ini disebut pula dengan penyusunan formasi.

    • Dasar Penyusunan Formal
      Penyusunan formasi harus didasarkan pda jenis pekerjaan, sifat pekerjaan, perkiraan beban kerja, perkiraan kapasitas pegawai, jenjang dan jumlah jabatan yang tersedia, dan alat yang diperlukan dalam pelaksanaannya.

    • Sistem Penyusun Formasi
      Sistem penyusunan formasi dapat digunakan system sama dan system ruang lingkup. System sama merupakan system yang menentukan jumlah dan kualitas pegawai yang sama bagi semua satuan organisasi tanpa membedakan besar kecilna beban kerja. Sedankan system ruang klingkup merupakan pegawai berdasarkan jenis, sifat, dan beban kerja yang dibebankan pada suatu organisasi.

    • Analisis Kebutuhan Tenaga Kerja
      Analisis kebutuhan pegawai merupakan suatu proses analisis yang logis dan teratur untuk mematuhi jumlah dan kualitas pegawai yang diperlukan dalam suatu unit organisasi. Tujuannya agar setiap pegawai semua unit organisasi mendapatkan perkerjaan yang sesuai dengan tugas dan wewenang tanggung jawabnya.

    • Anggaran Belanja Pegawai
      Anggaran belanja pegawai harus disusun sesuai dengan kemampuan perusahaan. Maka dari itu, dalam menentukan anggaran belanja pegawai ini perlu didasarkan dengan skala prioritas bagian – bagian yang sangat penting untuk terlebih dahulu dilakasanakan oleh perusahaan

  2. Penyusunan Program Tenaga Kerja (Man Power Programming)
    Merupakan kegiatan – kegiatan untuk mengisi formasi yang meliputi program pengadaan tenaga kerja, promosi jabatan, pegawai, pelatihan dan pengembangan pegawai, pegembangan karir, program pemeliharaan pegawai dan program pemberhentian pegawai

Sumber : http://intanratnasawitri.web.unej.ac.id/2015/12/22/human-resource-planning/