Apa saja kebun binatang yang ada di Indonesia?


(Wina Pujianri) #1

Tidak bisa dinafikkan bahwa belibur ke kebun binatang, selain menjadi wahana bermain dan rekreasi juga menjadi tempat edukasi. Sehingga, banyak sekali orang tua yang mengajak anaknya untuk ke kebun binatang ketika libur sekolah tiba. Termasuk ketika libur lebaran, kebun binatang di Indonesia di padati oleh pengunjung baik lokal maupun mancanegara.


(Meirina Fatima) #2

1. Kebun binatang Medan:

Lokasinya terletak di Kelurahan Simalingkar B, Medan Tuntungan, sekitar 10 kilometer dari pusat kota ke arah Brastagi.

2. Taman buaya Asam Kumbang:

Terletak di Jalan Bunga Raya Kecamatan Medan Selayang No.59.Desa Asam Kumbang, Medan.Taman Budaya Asam Kumbang merupakan taman reptil terbesar di Indonesia.

3. Taman hewan Pematang Sianatar:

Taman Hewan Pematang Siantar ini merupakan kebun binatang terlengkap di provinsi Sumatera Utara.

4. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan:

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan atau Kebun Binatang Bukittinggi adalah salah satu kebun binatang di pulau Sumatera, yang terletak di atas Bukit Cubadak Bungkuak Bukittinggi, provinsi Sumatera Barat, Indonesia.

5. Taman aneka Rimba Jambi:

Taman Rimba terletak di Kecamatan Jambi Selatan yang bersebelahan tepat dengan Bandar udara Sultan Thaha Syaifudin, Luas area Taman Rimba kurang lebih 36 hektar yang sebagian besar ditimbuhi pohon-pohon rindang,aneka flora dan fauna,arena bermain anak,tempat-tempat bersantai dan masih banyak lagi.

6. Taman Mini Indonesia Indah:

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur.

7. Kebun binatang Ragunan:

Kebun Binatang Ragunan adalah sebuah kebun binatang yang terletak di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Indonesia.

8. Taman buaya Indonesia Jaya:

Taman Buaya Indonesia Jaya (TBIJ) terletak di pinggir jalan Cikarang-Cibarusah, Serang Baru, Bekasi. Atau tepatnya di Jl Suka Ragam, Serang Bekasi.

9. Seaworld Indonesia:

Seaworld Indonesia adalah sebuah taman biota laut yang terdapat dalam kompleks wisata pertama di Telaga Golf dan kedua terpadu Ancol Jakarta Baycity.

10. Taman Safari Indonesia:

Taman Safari Indonesia adalah tempat wisata keluarga yang berwawasan lingkungan dan berorientasi habitat satwa pada alam bebas.Taman ini terletak di tiga lokasi. Taman Safari Indonesia I berlokasi di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat atau yang lebih dikenal dengan kawasan Puncak. Sedangkan Taman Safari Indonesia II terletak di lereng Gunung Arjuna, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Selain itu ada juga Taman Safari III di desa Serongga, Kecamatan Gianyar, Provinsi Bali.

11. Kebun binatang Bandung:

Kebun Binatang Bandung ini pada awalnya dikenal dengan nama Derenten (dalam bahasa sunda, dierentuin) yang artinya kebun binatang.

12. Taman Margaraya Tinjomoyo:

Taman Margasatwa dan Kebun raya, atau yang Secara resmi disebut Taman Margaraya Tinjomoyo, oleh masyarakat Semarang lebih dikenal dengan sebutan “Bon-bin” Tinjomoyo", merupakan re-lokasi dari Kebun Binatang Tegal Wareng pada tahun 1985.

13. Kebun binatang gembira Loka:

Kebun Binatang Gembira Loka adalah kebun binatang yang berada di Yogyakarta. Loka artinya tempat, gembira ya gembira.

14. Kebun binatang Jurug:

Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) berlokasi di timur kota Solo, dekat perbatasan dengan Karanganyar. Taman wisata yang dahulu sempat menjadi primadona pariwisata di kota Solo ini, kini seakan kehilangan pamornya karena kurangnya pengelolaan selama bertahun-tahun.

15. Kebun Binatang Surabaya:

Kebun Binatang Surabaya (KBS) adalah salah satu kebun binatang yang populer di Indonesia, terletak di jalan Setail No. 1 Surabaya, KBS merupakan kebun binatang yang pernah terlengkap se-Asia Tenggara, didalamnya terdapat lebih dari 351 spesies satwa yang berbeda yang terdiri lebih dari 2.806 binatang.

16. Batu Secret Zoo:

Batu Secret Zoo merupakan salah satu tempat wisata dan kebun binatang modern yang berlokasi di Kota Batu, Jawa Timur.

17. Kebun binatang Bali:

Bali zoo park atau kebun binatang bali beralamat di Desa Singapadu, Gianyar, Bali kurang lebih enam kilometer dari kota denpasar.


(Fasa Amelia) #3

Diantara kebun-kebun binatang yang disebut oleh mbak @meirinafatima yang paling terkenal adalah Taman Safari di Puncak, Bogor. Buktinya orang rela jauh-jauh datang ke daerah tersebut hanya untuk ikut merasakan bagaimana kondisi kebun binatang yang populer itu, setuju? :smiley: haha


(ahyarm) #4

Setuju deh sama kamu @fasa2000

Contohnya saja seperti saya, biasanya saya sekeluarga jauh-jauh datang dari Bekasi hanya untuk pergi jalan-jalan ke Taman Safari. Pokoknya bagus banget deh, disitu kita bisa ke tempat hunian-hunian hewan tersebut secara langsung dengan menggunakan mobil pribadi. Di semua kandang hewan kita dapat berinteraksi langsung dengan satwanya, kecuali di kandang binatang buas seperti macan, singa, ataupun beruang. Recommended deh!