Apa saja Kategori dalam Komunikasi secara mum?

Komunikasi bukanlah hal yang sederhana. Komunikasi memiliki cakupan yang luas dan cukup kompleks. Singkatnya, komunikasi merupakan proses untuk berbagi informasi. Selain itu, komunikasi juga merupakan hal yang sangat penting yang diterapkan di berbagai bidang.

Setelah mengetahui hal tersebut, apa saja kategori dalam komunikasi? Apa saja contoh dari masing - masing kategori tersebut?

Sebelum masuk ke kategori komunikasi, kita perlu mengetahui apa komunikasi itu. Komunikasi adalah proses mengirim dan menerima informasi antara dua orang atau lebih melalui berbagai cara. Komunikasi memiliki beberapa kategori, diantaranya:

  1. Komunikasi Verbal
    Komunikasi verbal bergantung pada sejumlah faktor dan tidak dapat sepenuhnya terpisahkan dari keterampilan interpersonal penting lainnya seperti komunikasi non verbal, keterampilan mendengar, dan klarifikasi. Komunikasi verbal memerlukan penggunaan kata dalam penyampaiannya. Contohnya adalah dengan bertatap muka, telepon, radio, televisi, dan media lainnya.

  2. Komunikasi Non-Verbal
    Komunikasi non-verbal memerlukan komunikasi dengan mengirim dan menerima pesan tanpa kata. Pesan ini biasanya memperkuat komunikasi verbal, tapi mereka juga bisa menyampaikan pemikiran dan perasaan mereka sendiri. Contohnya adalah ekspresi wajah, bahasa tubuh, gerakan, cara berpakaian atau berperilaku, dan lain sebagainya.

    body-langgg_d400

  3. Komunikasi Tertulis
    Keterampilan menulis adalah bagian komunikasi yang penting untuk kategori ini. Kemampuan menulis yang baik memungkinkan kita untuk dapat menyampaikan pesan kita dengan jelas dan mudah menjangkau audiens yang jauh lebih besar daripada hanya melalui percakapan tatap muka atau telepon. Contohnya adalah surat, e-mail, buku, majalah, dan sebagainya.

  4. Komunikasi Visual
    Komunikasi ini adalah komunikasi visual melalui alat bantu visual seperti isyarat, tipografi, gambar, desain grafis, ilustrasi, warna dan sumber elektronik lainnya. Komunikasi visual dengan grafik dan chart biasanya memperkuat komunikasi tertulis, dan dalam beberapa kasus mampu menggantikan komunikasi tertulis. Seperti dalam pepatah “a picture is worth a thousand words,” komunikasi visual semacam itu lebih kuat daripada komunikasi verbal dan nonverbal dalam beberapa kasus.

Sumber: