Apa saja karakteristik negara maju?

Apa saja karakteristik negara maju ?

Negara maju, negara industri, negara yang lebih maju, atau negara yang lebih maju secara ekonomi, adalah negara berdaulat yang memiliki ekonomi maju dan infrastruktur teknologi maju relatif terhadap negara-negara industri lainnya. Apa saja karakteristik negara maju ?

2 Likes

Karakteristik Negara Maju

Suatu negara dikelompokkan sebagai negara maju atau negara berkembang didasarkan atas kriteria tertentu. Kriteria tersebut mencakup hal-hal berikut.

  1. Pendapatan per kapita tinggi
    Pendapatan per kapita adalah ukuran standar hidup suatu negara yang diperoleh dengan cara membagi pendapatan nasional dengan jumlah penduduknya. Pendapatan per kapita menggambarkan keadaan ekonomi suatu negara. Negara yang mampu mengoptimalkan potensi sumberdaya perekonomiannya akan berdampak pada pendapatan per kapitanya. Kemampuan tersebut akan terkait potensi sumberdaya manusia yang dimilikinya. Negara yang potensi sumberdaya manusianya tinggi akan mampu mengoptimalkan sumberdaya alamnya dengan baik sehingga berdampak pada pendapatan per kapita penduduknya.

  2. Tingkat kemiskinan yang rendah
    Di negara maju, tidak semua penduduknya berkecukupan atau kaya. Bahkan, krisis ekonomi yang dialami sejumlah negara maju dewasa ini membuat sebagian penduduknya jatuh miskin bahkan presentase melampaui presentase kemiskinan di sejumlah negara berkembang. Oleh karena itu, sebagian penduduk di negara maju juga termasuk kelompok miskin berdasarkan kriteria batas atau garis kemiskinannya. Hanya saja di negara maju terdapat jaminan sosial yang lebih baik. Negara maju memberikan berbagai bantuan bagi penduduknya yang miskin, seperti layanan kesehatan dan lebutuhan hidup yang mendasar lainnya.

  3. Laju pertumbuhan penduduk yang rendah
    Data menunjukkan bahwa adanya kecenderungannegara-negara maju mengalami gejala penurunan laju pertumbuhan penduduknya. Bahkan, Jepang mengalami angka pertumbuhan negatif. Artinya jumlah penduduknya mengalami penurunan. Mengapa demikian? beberapa alasa diantaranya seperti berikut.

  • Penduduk di negara maju berpandangan bahwa banyak anak akan menghambat karirnya.
  • Laki-laki dan perempuan umumnya memiliki kesibukan sehingga mengurangi kesempatan untuk memiliki anak dalam jumlah yang besar.
  • Rata-rata usia menikan relatif tingi sehingga kemungkinan memiliki banyaka anak terbatas.
  • Pelayanan kesehatan yang asngat memadai.
  1. Tingkat pendidikan penduduk yang tinggi
    Tingkat pendidikan penduduk dpat dilihat dari rata-rata lama sekolah yang dicapai oleh penduduk. Rata-rata sekolah di megara maju jauh lebih tinggi dibanding dengan hal yang sama di negara berkembang.

  2. Kemajuan tekonologi yang tinggi
    Perkembangan industri di negara maju didorong oleh kemajuam teknologi. Eksploitasi atau pemanfaatan sumber daya alam makin mudah dan cepat denganbantuan teknologi sehingga mampu memberikan hasil yang optimal. Negara yang tidak memiliki sumber daya alam pun, dengan teknologinya mereka mampu mengolah sumber daya alam yang didatangkan dari negara lainnya sehingga memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi.

  3. Keadaan sosial budaya
    Masyarakat di negara maju memiliki pola pikir yang logis. Mereka tidak percaya dengan hal-hal mistis dan tahayul. Bagi mereka, keberhasilan tidak dicapai dengan serta-merta tetapi harus dicapai dengan kerja keras dan penuh perencanaan.

  4. Industrialisasi berkembang pesat
    Industri di negara maju berkembang sangat pesat sehingga banyak penduduk yang tertarik bekerja pada sektor tersebut dengan imbalan yang lebih baik. Sementara itu, sektor pertanian dilakkan secara mekanisme sehingga makin sedikit menyerap tenaga kerja.

Referensi

Rapanna, Patta dan Sukarno Zulfikry. 2017. Ekonomi Pembangunan. Makassar : CV. SAH MEDIA.