Apa saja karakteristik dari kebutuhan pengguna yang baik ?

Kebutuhan pengguna dapat dikatakan baik jika memenuhi beberapa karakteristik. Apa saja karakteristik dari kebutuhan pengguna yang baik?

Sebuah kebutuhan pengguna (user requirement) dikatakan baik jika memenuhi karakteristik berikut :

  1. Verifiable
    Kebutuhan yang dapat diverifikasi dinyatakan sedemikian rupa sehingga dapat diuji dengan inspeksi, analisis, atau demostrasi.

  2. Clear and Concise
    kebutuhan yang jelas dan ringkas harus mudah dibaca dan dipahami oleh orang-orang non teknis, tidak ambigu, tidak boleh mengandung definisi, deskripsi penggunaannya, dan menghindari istilah yang subjektif.

  3. Complete
    Kebutuhan yang lengkap mengandung semua informasi yang dibutuhkan untuk mendefinisikan fungsi sistem.

  4. Consistent
    Kebutuhan yang konsisten tidak bertentangan dengan kebutuhan lain dalam spesifikasi kebutuhan, menggunakan terminologi yang sama di seluruh spesifikasi kebutuhan, dan tidak menduplikasi UR atau potongan UR lain atau membuat redundansi.

  5. Traceable
    Kebutuhan yang dapat dilacak memiliki identitas atau nomor yang unik, dapat dengan mudah ditelusuri mulai dari spesifikasi, desain, dan pengujian.

  6. Viable/Feasible
    Kebutuhan dikatakan layak jika bisa sesuai dengan teknologi yang ada, sesuai dengan anggaran, dan sesuai dengan waktu/jadwal.

  7. Necessary
    Kebutuhan yang diperlukan adalah kebutuhan yang harus ada untuk memenuhi tujuan sistem, sangat penting untuk pengoperasian sistem, dan jika kebutuhan itu tidak ada akan menyebabkan kekurangan pada sistem.

  8. Free of Implemnetation Details
    Kebutuhan yang bebas dari rincian implementasi adalah kebutuhan yang mendefinisikan fungsi apa yang disediakan oleh sistem, tidak menentukan bagaimana fungsi dapat atau harus diterapkan, dan memungkinkan pengembang sistem menentukan teknologi apa yang paling sesuai untuk mencapai fungsinya.

Referensi :