Apa saja kandungan gizi dalam tepung pury (Pupa-Mulberry)?

Apa saja kandungan gizi dalam tepung pury (Pupa-Mulberry) ?

Apa saja kandungan gizi dalam tepung pury (Pupa-Mulberry) ?

1 Like

TEPUNG PUPA-MULBERRY (PURY)
image
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Astuti dan Kusharto (2009), kandungan protein dalam PURY juga tinggi (33.44%) yang berarti mempunyai nilai biologi tinggi karena dengan kadar protein tinggi dapat mencerminkan susunan asam aminonya yang relatif lengkap . Penggunaan tepung PURY sebagai sumber protein sangat bermanfaat bagi pertumbuhan bayi dan anak di lingkungan sentra produksi sutera.

Kandungan Zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral sangat rinci merupakan keunggulan PURY sebagai alternatif bahan formula MP-ASI. Keunggulan lain dari PURY adalah kandungan asam lemak tak jenuh seperti oleic, linoleic, dan linolenic (56,3%) yang dua kali lebih banyak dari kandungan asam lemak jenuh (miristat, palmitat, stearat, dan arachidonat) dalam PURY (sekitar 27% w/w) yang merupakan bahan dasar pembentukan otak bayi dan anak. Bila dicampur dalam formula MP-ASI bagi bayi usia 6-12 bulan, PURY dapat digunakan sebagai sumber protein, lemak khususnya lemak tak jenuh, vitamin, dan mineral yang akan memberikan dampak yang positif bagi tumbuh kembang anak.

Referensi

Astuti, T dan Kusharto, C. 2009. TEPUNG PUPA-MULBERRY (PURY) SEBAGAI BAHAN PANGAN ALTERNATIF KAYA GIZI. Jurnal Gizi dan Pangan. Vol. 4(1): 29 – 32.