Apa saja jenis tipe masking untuk gundam model kit? Yuk simak!

              jenis tipe masking untuk gundam model kit

Mungkin anda pernah melihat model kit dengan warna skema yang berbeda dengan yang tampil pada animenya, biasanya warna skema yang berbeda atau lebih dikenal dengan missing color ini berlaku untuk model kit gundam dengan skala grade sd dan hg (untuk produksi lama atupun produksi baru) sehingga jika anda ingin menambahkan detail warnanya, perbedaan skema warna ini perlu dicat pada bagian missing color untuk menyamai seperti warna aslinya dalam series anime gundam, pada umumnya missing color pada gunpla hanya ada dibagian tertentu pada part yang yg lebar/besar sehingga cukup sulit mengecatnya dengan kuas tanpa cat melenceng/mbleber keluar dari bagian yang sedang dicat. Maka dari itu digunakan alat bantuan masking untuk menutupi bagian lain agar cat tidak mbleber keluar, alat ini disebut masking tape atau sejeis selotip kertas yang berfungsi menutupi atau melindungi bagian lain agar tidak terkena cat pada saat pengecatan.

Masking menjadi langkah penting yang harus dilakukan sebelum sebuah gunpla akan dicat, hal ini berguna untuk melindungi bagian yang tidak boleh terkena cat seperti pada bagian join artikulasi, jika bagian artikulasi terkena cat akan mengakibatkan gunpla sulit diposekan alias seret. Setelah usaha anda dalam mengecat seluruh  bagian lalu menemukan bahwa ada beberapa detail  warna yang kurang disinilah kegunaan masking untuk menghindari part yang tak ingin terkena cat. dan juga masking bisa untuk melindung part transparant gunpla saat penyemprotan top coat doff/matte (penyemprotan topcoat doff pada part transparant aka mengakibatkan warna part tidak transparant lagi melainkan seperti burem kabut)

Jenis masking untuk gunpla

alat pembantu untuk masking yang saya tau ada 3 jenis yakni menggunakan masking tape(sejenis solatip kertas), masking solution (masking berbentuk cairan) dan yang terakhir menggunakan glue tack/bluetack/tack it(semacanm lem karet yang bisa dibentuk bentuk) ketiga jenis masking ini memiliki kegunaan yang sama hanya saja yang membedakan adalah bentuk wujud dari ketiga jenis masking ini cairan/lem kertas/lem karet. masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya berikut kita ulas 3 jenis masking ini :

#1. Masking tape

masking tape gunpla
masking tape ini sagat dikrekomendasikan untuk melindungi part yang tidak ingin terkena/tersemprot cat karena mudah dipotong dan dibentuk, juga dapat melindungi area bagian yang besar, hanya saja kekurangannya tidak bisa melindungi bagian gunpla yang membulat. Rekomendasi menggunaknan masking tape khusus untuk model kit jika tidak bisa juga menggunakan masking tape pada umumnya, namun masking biasa pada umumya memeliki lem yang suka tertinggal pada part ketika di copot.
Selalu hati -hati dalam melepas/mencopot masking tape walaupun itu tamiya masking tape, santai aja ngelepasnya agar residu lema ga nempel dan tidak ngerusak lapisan cat sebelumnya

#2. Masking solution

masking solution gunpla
Bayangkan aja masking tape dalam bentuk cair. Masking solution ini berbentuk seperti cairan kental,
di gambar atas adalah Mr Masking Sol dari Mr Hobby dan agak susah untuk mendapatkan masking sol ini diindonesia. Untuk menggunakan, hanya tinggal menerapkan masking sol diatas permukaan menggunakan kuas yang menempel pada tutup botol. Kelebihan dari menggunakan maskin sol ini adalah dapat menutupi part gunpla yang melengkung, dan kelebihan lainnnya dapat digunakan untuk membuat cammo. Kekurangannya dibutuhkan semalam ntuk cairannya mengering sempurna dan tidak baus untuk penggunaan pada part yang besar dan memilki bentuk simetris

#3. Glue tack

Metode terakhir ini menggunakan gluetack, sejenis lem karet lengket tetapi tidak permanen, mirip seperti playdoh. Untuk menggunakan hanya tinggal dibentuk seperti yang anda inginkan lalu ditempel pada part gunpla. glue tack juga bisa digunakan sebagai perekat part gunpla dengan kayu/gagang pada saat melakukan pengecatan airbrush. Kelebihannya dapat diadalkan untuk membuat pola kamlulase pada gunpla dan mudah ditemukan di toko toko buku. Kekurangannya tidak praktis untuk menutupi permukaan yang besar.

Referensi :
tipe masking untuk gundam model kit

Selama 2 tahun berkecibung di model kit,aku tetap bisanya untuk masking teknik selotip a.k.a Tape hahahaha karena paling mudah yaah meskipun hasilnya gk maksimal tapi boleh laah :smiley: